Tuesday, September 28

Tips Wawancara Kerja Agar Diterima Bagi Fresh Graduate

Tahapan wawancara di dunia kerja adalah sesi paling penting dan merupakan hal yang paling menentukan apakah kalian akan diterima bekerja di perusahaan tersebut atau tidak. Mereka yang dipanggil untuk mengikuti tes wawancara, secara administrasi merupakan orang-orang yang telah memenuhi syarat dan memiliki peluang besar untuk diterima bekerja. Namun, tetap tahapan wawancara yang paling menentukan. Karena itu pelajarilah tips-tips wawancara kerja bagi fresh graduate.

Tips agar dapat lolos wawancara bagi fresh graduate

Untuk yang sering melakukan tes wawancara kerja tentunya sudah berpengalaman dan dapat memprediksi atau memperkirakan apa saja pertanyaan yang akan diajukan oleh pihak pewawancara. Tetapi untuk pelamar yang baru pertama kali melakukan tes wawancara, tentu akan menjadi pengalaman baru. Karena itu silahkan simak beberapa tips berikut ini :

1. Bekali diri dengan pengetahuan

Ketika akan melamar atau melakukan tes wawancara sebagai seorang fresh graduate tentu kalian akan bersaing dengan orang-orang yang lebih berpengalaman dan hal ini tentu akan membuat kalian tidak percaya diri. Tapi jangan sampai hal tersebut menghilangkan semangat untuk menjalani wawancara kerja.

Hal yang harus kalian lakukan agar lebih percaya diri saat melakukan tes wawancara adalah kuasailah atau bekali diri kalian dengan pengetahuan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan posisi yang kalian inginkan dan mempelajari tentang perusahaan tempat kalian melamar pekerjaan. Karena biasanya pihak pewawancara akan menanyakan perihal tersebut.

2. Optimis saat menjawab

Biasanya pada sesi wawancara kerja akan ada pertanyaan seperti berapa banyak gaji yang diinginkan, sudah mempunyai rencana apa untuk 10 tahun kedepan atau mengapa kalian tertarik untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut dan lain sebagainya.

Hal yang harus kalian lakukan adalah jawablah semua pertanyaan tersebut dengan tegas dan penuh percaya diri dengan kata lain harus optimis dan juga positif. Dengan begitu, pihak perusahaan akan merasa bila kalian merupakan individu yang walaupun belum berpengalaman dalam dunia kerja namun kalian itu kooperatif, mudah diajak bekerja sama dan mudah untuk dibimbing atau diarahkan.

3. Berpenampilan menarik dan proporsional

Hal berikutnya yang harus kalian perhatikan adalah penampilan. Karena dalam sebuah perusahaan tidak hanya pola pikir kreatif dan inovatif saja yang dibutuhkan tetapi juga penampilan yang menarik dan juga proporsional merupakan hal yang wajib. Walaupun tidak semua perusahaan seperti itu, namun tidak ada salah memiliki penampilan yang rapi, menarik dan enak untuk dipandang.

Pilihlah pakaian yang sesuai dengan situasi, karena kalian sedang melakukan sesi wawancara. Maka pergunakan pakaian resmi seperti kemeja dan celana bahan juga sepatu pantofel. Apalagi sebagai seorang fresh graduate, kalian harus menonjolkan jika kalian adalah individu yang pintar memiliki semangat dan jiwa muda yang menyukai tantangan.

4. Jawablah pertanyaan dengan cara yang unik

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan bahwa kalian harus memiliki pengetahuan tentang posisi atau tentang perusahaan tempat kalian melamar. Karena hal tersebut biasanya juga akan ditanyakan oleh pihak pewawancara, hindari menjawab pertanyaan dengan jawaban yang sudah pasti banyak dilakukan oleh pelamar lain. Karena banyak pelamar yang gagal karena menjawab terlalu gamblang seakan itu merupakan jawaban pasti.

Jawablah dengan cara atau gaya kalian sendiri. Ceritakanlah bila posisi tersebut merupakan posisi yang sesuai dengan kemampuan kalian saat ini, cari tahu juga mengenai kinerja atau layanan dan hal-hal lain dari posisi tersebut yang membuat kalian tertarik untuk menjadi bagian disana.

Berpikirlah terlebih dahulu sebelum menjawab pertanyaan yang diajukan, jangan sampai karena kalian asal-asalan saat menjawab, membuat kalian kehilangan kesempatan bekerja dan selalu menjawab dengan cara yang sopan dan santun.

5. Persiapan teknis yang sempurna

Bila kalian memasuki dunia kerja, tentu akan sangat berbeda dengan masa-masa kalian kuliah yang bisa dilakukan secara santai sesuai dengan keadaan yang kalian jalani. Namun ketika kalian mulai memasuki dunia kerja, tentunya kalian akan dituntut untuk bersikap profesional dari segala aspek dan harus bekerja sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh pihak perusahaan. Oleh karena itu, tunjukkanlah sikap profesional tersebut mulai dari kalian melamar pekerjaan.

Persiapan teknis yang harus diperhatikan selain berdoa sebelum berangkat ke lokasi dan memulai tes wawancara adalah pastikan pakaian yang kalian kenakan sudah sopan dan rapi, datanglah ke lokasi tepat waktu dan jangan pernah terlambat jika rumahmu jauh dan kawasan macet berangkatlah lebih awal, bersikaplah santai dan percaya diri, yang terakhir pastikan wajah kalian menampilkan raut wajah yang optimis, segar dan juga bersemangat.

Fakta yang harus kalian ketahui sebagai seorang fresh graduate adalah bila kalian merupakan lulusan dari sebuah universitas ternama, peluang untuk lolos dan mendapatkan posisi ditempat kalian melamar pekerjaan akan terbuka lebar, kalian juga akan mendapatkan perhatian yang lebih banyak saat melakukan wawancara kerja di tempat tersebut. Itulah beberapa tips yang harus kalian lakukan sebagai seorang fresh graduate saat melakukan sesi wawancara, jawablah dengan sopan, perhatikan cara kalian berpakaian dan harus percaya diri.