Thursday, July 29

Tips Menghindari Meminjam Uang di Pinjaman Online

jooboel.com – Saat usia sudah masuk kepala dua, kondisi ini menjadi masa seseorang mengalami yang namanya transisi kemandirian. Mulai lulus kuliah, mendapatkan pekerjaan, menikah, dan memilih pindah dari rumah ayah ibu, dan banyak lagi hal lainnya. Kamu pelan-pelan akan belajar cara menyeimbangkan keuangan dan membagi mana hutang, mana tagihan hingga biaya lain yang diperlukan.

Sangat banyak orang yang tidak mampu mengatur finansial mereka di masa depan, sampai akhirnya melahirkan begitu banyak utang di kemudian hari. Apalagi kondisi saat ini, sudah semakin banyak layanan pinjaman online bisa ditemui dan memberi macam-macam penawaran yang membuat banyak masyarakat terbuai.

Memang tujuan pertama mereka adalah menyelamatkan kondisi keuangan, tapi ada juga karena pola konsumtif yang tidak terlalu penting dan akhirnya terjadilah penumpukan hutang. Nah, agar kamu tidak terjebak hutang di pinjaman online, sebaiknya kamu melakukan beberapa tips yang efektif di bawah ini untuk bisa menghindari nya.

1. Mempersiapkan Biaya Darurat

Usahakan mempersiapkan dana darurat untuk mengatasi kejadian-kejadian yang mendesak. Seperti mobil yang rusak, atau masuk rumah sakit, dan beberapa kondisi lainnya. Kamu bisa menyisihkan pendapatan perbulan setidaknya 15% untuk dana darurat tersebut. Jika kamu sudah menyiapkan dana darurat maka kemungkinan untuk berutang ke pinjol tidak akan sampai terjadi.

2. Menjalani Pola Hidup Sederhana

Memiliki benda-benda mewing tentu dapat membuat bahagia setiap orang, tapi hal tersebut hanya dirasakan sementara. Seperti pakaian mewah, barang elektronik yang mahal, makanan mewah, kendaraan mewah dan lain sebagainya. Hal tersebut memang bisa menaikkan level kehidupan hingga memberi rasa puas.

Hal tersebut tentu sah-sah saja bagi kamu yang memiliki uang berlimpah, tapi pola hidup mewah seperti ini pastinya tidak disarankan bag kamu yang harus berhutang untuk mendapatkannya. Solusinya, anggap saja kamu tidak bisa menjalani hidup serba mewah, supaya tidak muncul keinginan untuk memiliki barang-barang mahal dan mewah yang sebetulnya tidak begitu penting bagi kehidupan atau masih ada hal-hal lain yang lebih penting untuk dibeli.

3. Memperhatikan Barang yang Ingin Dibeli

Kamu harus memperhatikan barang yang kamu beli apakah sudah sesuai dengan jatah anggaran belanja atau tidak. Sebaiknya jangan mudah tergiur oleh barang-barang yang sebetulnya tidak diperlukan sama sekali. Jika tidak sesuai, kamu harus menunda pembeli barang tersebut dan merencanakannya kembali di masa depan bila kamu mempunyai anggaran khusus untuk barang tersebut.

tips menghindari meminjam uang di pinjaman online

Meskipun memaksa kamu untuk menunggu sedikit lama untuk membeli barang tersebut, bagusnya adalah kamu dapat terhindar dari yang namanya hutang. Tidak masalah jika kamu harus menunda barang-barang yang tidak termasuk kebutuhan utama atau kebutuhan mendesak. Kamu bisa menabung terlebih dahulu agar bisa memilikinya. Usahakan untuk tidak berhutang agar bisa membelinya saat itu juga.

Baca Juga : Manfaat dan Besaran Ideal dari Dana Darurat

4. Berpikir Ulang Ketika Ingin Membeli Sesuatu

Saat akan membeli sesuatu, kamu harus memikirkannya baik-baik. Apakah kamu membutuhkan barang tersebut? Bila barang tersebut adalah kendaraan, apakah uang kamu cukup jika mobil membutuhkan perawatan hingga membayar pajak? Nah, ini merupakan contoh pertanyaan-pertanyaan yang harusnya timbul di benak kamu ketika ingin membeli sesuatu. Cobalah untuk memikirkan jangka panjang untuk hal tersebut. Jika tidak, kamu lagi-lagi akan terjebak di pinjaman online.

5. Meminta Saran Orang Lain

Kamu dapat meminta nasihat atau saran dari yang sekiranya sudah ahli dalam mengatur keuangan. Kamu bisa mencari orang di dekatmu yang bisa menabung dengan rutin atau bisa bertahan tanpa harus berhutang. Lalu tanyakan cara serta pola yang jitu agar bisa kehidupanmu memiliki finansial yang sehat. Berdiskusi dengan orang yang lebih berpengalam tentu akan sangat membuat membangun pola pikir kamu agar bisa terhindar dari pinjaman online.

6. Membuang Rasa Gengsi

Sebaiknya buanglah jauh-jauh rasa gengs yang berlebih pada diri kamu. Gengsi adalah reaksi atau sikap yang berkaitan erat dengan pengeluaran biaya. Memiliki rasa gengsi yang tinggi mendorong orang untuk membeli dan berbelanja hal-hal diluar batas, pastinya sikap tersebut menimbulkan potensi berhutang.

Demi sebuah pengakuan, begitu banyak orang yang memaksakan diri mereka untuk membeli hal-hal yang pastinya tidak terlalu dibutuhkan dan membuat utang mereka menjadi semakin banyak dan kesehatan finansial mereka di masa depan akan terancam, pahitnya akan terjadi sampai tua nanti.

7. Membuat Skala Prioritas

Jika kamu sudah menyusun rencana daftar anggaran, disarankan untuk mematok skala prioritas terkait kebutuhan tersebut. Kamu bisa menyusun semua kebutuhan, bisa dari hal yang sangat penting sampai yang tidak begitu penting.

Ketika sudah menyusun skala prioritas ini, kamu dapat memilih mana kebutuhan sangat penting dan mana yang kamu anggap kurang penting. Memiliki perencanaan finansial yang terstruktur pasti akan berpengaruh terhadap kamu terhindar dari yang namanya hutang, apalagi saat ini berhutang di layanan pinjaman online sangat menggiurkan karena dimudahkan dengan syarat-syarat yang ada.