Monday, August 10

Tips Memilih Tempat Magang yang Sesuai Passion

jooboel.com – Kita harus mempertimbangkan berbagai faktor sebelum mengambil kesempatan kerja magang. Hal paling utama adalah mencari tempat magang sesuai passion kita. Jangan sampai ketika kita sudah mengambil magang tetapi tidak sesuai passion. Akibatnya kita akan merasa bosan saat bekerja, menjadi tidak antusias dan berakhir semuanya hanya buang-buang tenaga dan waktu. Simak beberapa hal yang perlu diperhatikan dibawah ini. 

Bekerja Sesuai dengan Minat Hati 

  1. Pilih Tempat Magang Sesuai Keinginan

Seringkali mahasiswa merasa salah jurusan dengan pilihan yang Ia ambil. Alasannya beragam ada yang karena pilihan orang tua, bahkan untung-untungan peluang. Tidak jarang pula usia mahasiswa belum menemukan passion yang diharapkan. Di tempat magang bisa menjadi kesempatanmu untuk menemukan jati diri. Disana kamu bisa belajar sesuai dengan minat, tidak hanya sekedar teori tapi juga mempraktikan kerja sesuai passion. 

memilih tempat magang sesuai passion

Mahasiswa disarankan untuk menguasai bidang yang sedang Ia dalami. Hal ini supaya para recruiter memahami niat kamu untuk mendapatkan ilmu. Walaupun jurusan yang diambil saat kuliah dan magang berbeda, tetapi kamu akan lebih mudah beradaptasi nantinya. Mereka lebih mempercayai calon anak magang yang bekerja sesuai passion. Jadi perusahaan akan menilai seberapa pantas kamu berada di lingkungan mereka. 

  1. Mendapat Pengalaman Kerja

Poin penting dalam kegiatan magang ialah mencari tahu seberapa banyak pengalaman kerjanya. Kamu bisa mendapat banyak ilmu lewat pengalaman istilahnya learning by doing, jadi tidak melulu soal teori. Kamu bisa mendapatkan pengalaman kerja di bawah tim yang ketat dari perusahaan. Jangan sampai kita ketika magang hanya disuruh fotokopi atau membantu membereskan dokumen saja tetapi tidak ikut aktif dalam pekerjaan lainnya.

Baca Juga : Menabung yang Efektif ala Millenial 

  1. Cari Lokasi Magang yang Tepat

Dalam mencari tempat magang, kita juga perlu memperhatikan lokasinya karena dalam program magang kita juga akan mengeluarkan biaya lain-lain. Berbeda dengan pegawai tetap atau pegawai kontrak, mereka mendapat gaji tetap setiap bulannya sesuai tanda tangan kontrak. Jadi, supaya tidak terkuras banyak biaya, kita harus memilih lokasi magang yang tepat tetapi tetap berusaha sesuai passion yang kita miliki.

  1. Perhatikan Waktu dan Durasi Magang

Untuk jadwal magang usahakan sesuai dengan waktu yang kita miliki. Terutama bagi kalian yang masih memiliki jadwal kuliah, agar tidak mengganggu nantinya. Carilah tempat magang yang bisa menyesuaikan sesuai jadwal kuliah kita. Jadi akan mudah untuk mendapatkan keuntungan dalam satu waktu. Tapi perlu diingat pendidikan tetap menjadi prioritas utama, bekerja hanyalah selingan untuk menambah uang saku. 

Selain itu perlu juga mengetahui durasi magang, supaya kita bisa merencanakan karir berikutnya. Melalui hal ini kita bisa mengetahui bagaimana dunia kerja. Bahkan magang juga bisa menjadi awal mudah dalam meniti karir kita di bidang yang sesuai passion kita. Tidak sedikit pegawai yang direkrut perusahaan berasal dari anak magang yang sudah berakhir. 

  1. Pilih Perusahaan dengan Budaya Kerja Sehat 

Walaupun kita masih magang, sangat dianjurkan memilih tempat kerja yang sehat. Sehat dalam arti waktu bekerja jelas dan konsisten, lingkungan yang saling mendukung dan kompetitif. Dalam lingkungan sehat ini kita akan terus belajar dan berkembang, selain itu bisa memiliki sistem tata kelola kerja yang baik. Perusahaan dengan budaya kerja sehat akan mendukung 100 persen para pegawainya, agar terus semangat dan berprestasi.

pilih perusahaan dengan budaya kerja sehat

Berbeda jika kita berada di lingkungan kerja yang tidak sehat, kita akan menjadi karyawan yang hanya disuruh-suruh, tidak berkembang dan tidak kompetitif. Selain itu juga, kita akan sering kali diberi pekerjaan yang lebih berat dari karyawan perusahaan lainnya. Akibatnya saat magang kita tidak mendapatkan ilmu apapun. Tentunya hal tersebut hanya membuang waktu dan tenaga.  

  1. Lihat Potensi Jaringan

Saat magang usahakan menjadi pribadi yang ramah dan menyenangkan, selain itu coba ringan tangan untuk semua pekerjaan. Hal ini menjadi kesempatan kita untuk membentuk jaringan dan mengenal relasi. Dari sini kita bisa membuka peluang untuk meniti karir yang lebih tinggi, karena mereka sudah tahu tentang track record mu. Terima semua saran dan masukan dengan baik agar mereka merasa dihargai. 

Tetapi perlu diingat bahwa tindakan tersebut bukan ajang untuk cari perhatian. Kamu hanya menunjukkan eksistensi diri dan unjuk kemampuan sebisanya. Usahakan jangan pernah menolak tugas, tetap terima meskipun kamu tidak mengerti harus mulai darimana. Bertanya jika ada tugas yang tidak kamu mengerti, mereka akan dengang senang hati menjawab pertanyaanmu. 

Magang menjadi kegiatan yang bisa kamu pilih ketika memiliki banyak waktu luang. Asalkan aktivitas tersebut tidak mengganggu kuliahmu. Pendidikan tetap menjadi prioritas utama yang harus dituntaskan dengan cepat. Anggap saja magang sebagai tempat untuk aktualisasi diri, supaya tidak kaget saat berada di lingkungan kerja sebenarnya. Kamu bisa memilih tempat magang yang sesuai dengan passion, yang sekiranya tidak menjadi bebanmu.