Sunday, July 12

Tiktok Dan Kehebohannya Di Seluruh Dunia

jooboel.com – Fenomena Tiktok kembali menghebohkan Indonesia. Jika sebelumnya banyak masyarakat yang menolak Tiktok hingga Kemenkominfo memblokir platform tersebut, tapi kini hampir semua kalangan gemar menggunakan Tiktok. hal tersebut tidak lepas dari banyak milenial luar negeri yang berbondong bondong menjadi bintang Tiktok. Hingga kemudian Tiktok mulai bangkit kembali di Indonesia. Jika kamu salah satu pengguna Tiktok, berikut beberapa fakta menarik yang perlu diketahui.

Menjadi Platform Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan

Pasti akan ada banyak orang yang tidak menyangka bahwa Tiktok makin hari semakin populer di seluruh dunia, namun kenyataan memang seperti itu. Kini sudah ada ratusan juta orang yang setidaknya pernah mengunduh aplikasi Tiktok di ponsel mereka. Bahkan tidak hanya kaum milenial, mulai dari kalangan anak anak hingga orang dewasa gemar bermain Tiktok. Dikabarkan aplikasi tersebut telah menyaingi kepopuleran aplikasi lain, seperti Facebook dan Instagram.

tiktok menjadi aplikasi paling banyak didownload

Menurut Store Intelegence dari Sensor Tower yang kemudian dikutip oleh Kompas.com, diketahui pada akhir tahu 2019 Tiktok tepat di bawah Messeger dan WhatsApp sebagai aplikasi non gaming yang banyak diunduh di Android maupun iOS. Menurut laporan Sensor Tower, aplikasi Tiktok telah diunduh sebanyak 614 juta unduhan. Urutan ketiga setelah WhatsApp dengan 707,4 juta unduhan dan Messeger dengan 636,2 juta unduhan.

Banyak Orang Indonesia yang Menjadi Terkenal Berkat Tiktok

Bisa dikatakan masyarakat Indonesia termasuk dalam golongan orang orang yang gemar dengan sesuatu yang tengah populer dan tren. Termasuk juga kembalinya Tiktok di nusantara, ada banyak orang yang mulai berbondong bondong mengunduh Tiktok guna merasakan sensasi berbagai fitur dari aplikasi menarik tersebut. Bahkan tidak sedikit lagu, hingga orang Indonesia yang terkenal hingga mancanegara gara gara Tiktok.

Namun tidak hanya latah tren, orang Indonesia ternyata juga cerdas dalam menemukan peluang untuk menjadi terkenal dan akhirnya bisa mengumpulkan pundi pundi uang. Termasuk juga menggunakan platform Tiktok. Pasalnya kini tanpa perlu menjadi artis ibu kota, bintang Tiktok pun kerap kali mendapatkan sorotan netizen Indonesia. Kini pun sudah ada banyak orang Indonesia yang terkenal sebagai bintang Tiktok.

Artis Indonesia Juga Gemar Bermain Tiktok

Tidak bisa dipungkiri, kepopuleran Tiktok bisa membuat siapa saja penasaran untuk melakukan jelajah di platform tersebut. Sebut saja kalangan artis tanah air yang belakangan ini juga mulai mengikuti tren bermain Tiktok. Namun yang lebih menarik, banyak artis tersebut yang membuat video joget lagu Tiktok kemudian diunggah di akun Instagram milik mereka masing masing.

artis gisel main tiktok

Meskipun tidak semua artis tersebut dengan suka rela membuat video Tiktok, namun mereka tetap membuat konten yang berkualitas dan tidak asal asalan. Bahkan tidak jarang mereka membuat video joget dengan gerakan yang kompak bersama teman ataupun keluarga. Beberapa artis tanah air yang sudah tertular demam Tiktok antara lain ada Luna Maya, Gisella Anastasya, Dian Sastro, dan masih banyak lagi.

Pernah Diblokir Kemenkominfo Hingga Miliki Akun Untuk Sosialisasi

Kepopuleran Tiktok di Di Indonesia memang sedikit penuh kontroversi, pasalnya pada saat itu ada banyak orang yang tidak senang dengan kemunculan Tiktok. Hal tersebut dilandasi karena dahulu banyak pengguna Tiktok yang hanya sekedar joget joget dan membuat beberapa konten negatif. Hingga kemudian Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memutuskan untuk memblokir TikTok di Indonesia.

Baca Juga : Menabung yang Efektif Ala Milenial

Namun pemblokiran tersebut bertujuan untuk menghapus berbagai konten yang memiliki unsur pornografi. Jika telah berhasil dihapus, barulah Tiktok akan dibuka kembali. Mengingat bahwa Tiktok digunakan untuk membuat konten Negatif, Kemenkominfo kemudian membuat akun Tiktok. Tidak untuk berjoget joget, namun akun tersebut digunakan sebagai media sosialisasi program program seperti antihoax dan lainnya.

Menjadi Tempat Promosi Bisnis

Dilaporkan Tiktok memiliki 625 juta pengguna aktif, dan bisa jadi angka tersebut menjadi lebih besar lagi jumlahnya. Jika pintar memanfaatkan peluang, maka platform tersebut bisa menjadi tempat promosi bisnis yang menjanjikan karena banyaknya target konsumen yang bisa disasar. Meskipun hanya memiliki durasi 15 detik, namun Tiktok menjadi menarik karena adanya tambahan musik, serta filter atau efek yang keren.

promosi bisnis dengan tiktok

Jika konten Tiktok dibuat menarik dan kreatif, tentunya promosi bisnis di platform tersebut memiliki peluang besar untuk berhasil. Agar konten di Tiktok sukses sebagai media promosi bisnis, ada beberapa tips yang perlu diterapkan. Diantaranya yaitu seorang pelaku bisnis perlu mempelajari berbagai fitur yang ada di Tiktok, kemudian menghasilkan video kreatif, ikut menggunakan challenge hashtag, serta memasang iklan di Tiktok.

Itulah beberapa hal menarik yang berkaitan dengan fenomena dan kehebohan Tiktok. Meskipun sempat di blokir di Indonesia, Tiktok kini semakin digemari dan populer di kalangan masyarakat. Tidak hanya kalangan milenial saja, bahkan artis dan profesi lain juga gemar bermain Tiktok. Namun untuk seseorang yang cakap dalam berbisnis, fenomena Tiktok tersebut bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.