Sunday, May 9

Resolusi Finansial untuk Milenial di Tahun 2021

resolusi finansial 2021

Bagi kaum milenial, hal terpenting yang harus dilakukan mulai dari sekarang adalah memperbaiki masalah keuangan. Karena hanya di masa tersebut Anda dapat lebih produktif menyusun dan memanfaatkan berbagai peluang yang dapat membantu kelancaran finansial. Sepertinya tidak ada kaum muda yang tidak ingin merdeka secara finansial, baik itu terbebas dari jeratan hutang serta memiliki alur pemasukan dan pengeluaran uang yang baik. Merdeka secara finansial harus direncanakan mulai dari saat ini, agar ketika hidup di masa mendatang, Anda bisa lebih nyaman, tenang dan tidak menanggung beban berat karena tidak memiliki keuangan yang baik. 

Apakah Anda salah satu orang yang sudah memiliki resolusi finansial di tahun 2021 ini? Jika belum, Anda dapat menerapkan beberapa resolusi di bawah. 

1. Membuat Anggaran Bulanan

Uang Anda sering habis untuk hal-hal yang tidak diketahui? Jika memang demikian, maka Anda wajib mempelajari cara manajemen keuangan yang benar setiap bulannya. Kemampuan tersebut harus diasah karena menjadi salah satu kunci sukses mencapai kebebasan finansial. 

Cobalah membuat anggaran bulanan sebagai langkah awal mengasah kemampuan tersebut. Bagaimana caranya? Yaitu dengan membuat daftar prioritas hal-hal yang boleh dibeli selama sebulan. Beberapa daftar kebutuhan yang dapat dimasukkan dalam anggaran bulanan diantaranya ada makanan, biaya sewa kontrakan atau kos, transportasi, cicilan utang dan asuransi. Daftar ini harus segera dipenuhi apabila sudah mendapat penghasilan, dan tidak boleh digantikan dengan keperluan lain. 

Setelah membuat daftar kebutuhan, hal selanjutnya yang dilakukan dalam langkah pertama bebas finansial adalah mengatur budget yang dimiliki. Setelah membuat anggaran bulanan, pastikan Anda melakukan evaluasi untuk mengetahui seberapa efektifnya cara ini membantu mengendalikan pengeluaran setiap bulannya. 

2. Menyisihkan Uang untuk Dana Darurat

Dana darurat tidak dapat disepelekan, karena tidak dapat ditebak kapan tepatnya dibutuhkan. Maka dari itu, sisihkan uang penghasilan Anda untuk dana darurat daripada harus berhutang kesana sini. Dana darurat perlu disiapkan untuk menghadapi berbagai situasi yang mendesak Anda mengeluarkan banyak uang, seperti saat terjadi kecelakaan, kehilangan pekerjaan, ponsel hilang dan sebagainya.

Pada dasarnya, besar jumlah uang yang harus disisihkan ke dalam dana darurat tidak tertulis dalam aturan baku. Hanya saja, saran dari para perencana keuangan profesional menyuruh generasi milenial yang masih belum menikah menyimpan uang darurat setidaknya dalam jumlah enam bulan pengeluaran. Dana darurat bisa dicicil setiap bulan dengan cara menyisihkan penghasilan sebanyak 5-10%. Jika diperlukan, saat ini sudah banyak layanan pinjaman online OJK yang resmi dan terpercaya untuk menjadi pilihan ketika situasi darurat.

3. Menambah Sumber Pendapatan atau Penghasilan

Jika dua resolusi finansial diatas belum membantu Anda merdeka secara finansial, mungkin cara satu ini dapat mempercepat Anda mewujudkannya. Yaitu dengan menambah sumber pendapatan atau penghasilan, caranya menjadi freelancer. Maka dari itu, ciptakan karya atau tambah portofolio sebanyak mungkin untuk memudahkan Anda mendapatkan klien. Cara lain yang dapat digunakan freelancer dalam menggaet banyak klien adalah dengan bergabung bersama situs para pekerja lepas. Namun, jika merasa menjadi seorang freelancer terlalu banyak menguras tenaga dan waktu, Anda dapat mencari pekerjaan baru dengan gaji lebih besar dari pekerjaan sebelumnya.

4. Mulai Melirik Investasi

Melek investasi harus Anda masukan dalam resolusi finansial di tahun 2021 ini. Mengapa harus? Tahukah Anda bahwa kegiatan investasi dapat membantu keuangan tetap stabil ketika berbagai hal mulai tergerus arus inflasi? Dengan berinvestasi, Anda dapat memiliki aset-aset yang dapat membantu memenuhi kebutuhan jaga panjang. Investasi juga menjadi faktor penting yang dapat menentukan kesuksesan finansial Anda. 

Anda dapat memilih berbagai instrumen investasi yang ada, dengan catatan tidak gegabah dan salah pilih. Pastikan kegiatan tersebut bukan jenis investasi bodong, maka dari itu cek terlebih dahulu izin dan legalitas investasi tersebut di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sebagai langkah awal memulai, Anda dapat memilih reksa dana dan tabungan emas sebagai jenis investasi yang memiliki risiko minim. 

5. Mulai Memprioritaskan Barang-barang yang Dibelanjakan

jangan gunakan uang hanya untuk berfoya-foya setelah gajian. Penuhi terlebih dahulu kebutuhan pokok sebesar 50%, baru kemudian belanjakan uang tersebut untuk kebutuhan lainnya. Misalnya pada saat ingin berbelanja sesuatu, coba tahan rasa tersebut dan pikirkan kembali dengan benar apakah Anda memang membutuhkannya. Jangan saat uang habis baru sadar. Gunakan uang Anda secara bijak dengan lebih selektif memilih barang yang ingin dibeli. 

Beberapa Contoh Resolusi Finansial untuk Milenial di Tahun 2021

  • Sudah punya dana yang cukup untuk pendidikan anak dimasa depan. Ini hal yang sangat penting bagi Anda yang sudah berkeluarga.
  • Memproteksi diri dengan cara memiliki asuransi kesehatan dan jiwa. Kondisi keuangan akan sangat dipengaruhi oleh kesehatan Anda. 
  • Tabungan hari tua atau dana pensiun sudah sangat cukup. Anda tidak perlu lagi cemas dan khawatir memikirkan nasib setelah pensiun. 
  • Memiliki pasif income dari hasil investasi. Kegiatan ini akan memberi keuntungan besar yang dapat membantu Anda keluar dari masalah finansial.