Monday, August 10

 Menabung yang Efektif Ala Millenial

jooboel.com – Generasi millenial ialah generasi yang cenderung berbeda dengan para generasi yang sebelumnya. Salah satu pembeda dalam hal ini ialah teknologi yang melingkupi generasi tersebut. Dengan hal tersebut para generasi millenial mampu memanfaatkan banyak teknologi untuk memperoleh penghasilan. Lalu dari penghasilan tersebut, bagaimana cara generasi millenial untuk menabungnya secara efektif? Mari simak ulasannya berikut ini.

Cara Menabung yang Efektif Ala Generasi Millenial

  1. Menabung dengan Menggunakan Emas

Salah satu cara efektif yang dapat kamu coba untuk menabung uang yang dimiliki ialah dengan menggunakan emas. Hal ini tentu saja memiliki alasan tersendiri di baliknya. Jika dibandingkan dengan produk yang lainnnya, harga dari emas cenderung memiliki nilai tukar yang tetap. Hal inilah yang membuat seseorang yang menabung emas dapat meminimalisir kerugian akan nilai emas tersebut di kemudian hari.

menabung dengan emas

Di pasaran saat ini terdapat banyak jenis emas batangan yang bisa kamu pilih. Mulai dari emas dengan ukuran yang kecil hingga besar. Kadar karat dari emas tersebut juga beragam. Untuk mencarinya, kamu bisa memperolehnya di situs jual beli online yang banyak ditemui saat ini. Jika hendak membeli emas yang besar dengan kadar karat tinggi, Anda dapat mengumpulkan emas kecil terlebih dahulu baru kemudian ditukarkan di kemudian hari.

  1. Menabung dengan Menggunakan Dollar

Selain emas, hal lain yang cenderung memiliki nilai yang stabil ialah mata uang dollar amerika. Namun jika dibandingkan dengan emas, dollar amerika juga dapat mengalami penurunan dengan jumlah tertentu. Hal inilah yang layak untuk kamu pertimbangkan sebelum mulai menabung dengan dollar. Namun dengan menabung melalui dollar ini diharapkan dapat membantu kamu untuk menyisihkan anggaran dengan lebih efektif.

Di era modern seperti saat ini, kamu dapat menukar mata uang rupiah dengan dollar di berbagai tempat dengan mudah. Dengan menukar uang dengan mata uang rupiah tersebut dapat membantu kamu untuk tidak membelanjakan uang tersebut. Cara inilah yang dapat membantu kamu menabung dengan cara yang efektif. Barulah saat dana yang ada telah benar benar diperlukan, kamu dapat menukar kembali uang dollar tersebut dengan uang rupiah.

Baca Juga : Staff Khusus Milenial Presiden Joko Widodo, Siapa Saja Mereka?

  1. Mencari Pekerjaan Freelance

Memperoleh penghasilan di usia muda bukan lagi sebuah impian bagi generasi millenial. Kamu dapat memperoleh pendapatan tersebut dengan beragam cara di era modern seperti saat ini. Seperti misalnya ialah dengan mencari pekerjaan freelance untuk memperoleh tambahan uang saku bagi yang masih berkuliah. Jenis pekerjaan freelance yang bisa dipilih saat ini juga lebih beragam dan berbeda daripada waktu sebelumnya.

mencari pekerjaan freelance

Tentu di era modern seperti saat ini pekerjaan freelance yang ada juga akan berkaitan dengan teknologi. Dengan banyaknya orang yang bersinggungan dengan teknologi, maka diperlukan pula konten bagi orang orang yang ada. Konten tersebut dapat berupa video, gambar, maupun tulisan yang ditujukan untuk beragam hal. Misalnya seperti untuk memasarkan sebuah produk sehingga lebih dikenal dan digunakan oleh banyak orang.

  1. Jangan Tergoda dengan Tren yang Ada

Dengan banyaknya informasi diiringi dengan teknologi yang ada saat ini, terdapat banyak tren yang bisa kamu temui. Mulai dari tren berupa pakaian dan juga makanan. Namun tentu saja harga yang dibandrol untuk produk produk tersebut juga harus dipertimbangkan sebelumnya. Dengan terus menerus mengikuti tren tersebut dikhawatirkan dapat membuat pemborosan pada anggaran yang ada.

Terlebih bagi tren berupa produk yang hanya digunakan dalam waktu yang singkat. Tentu produk tersebut akan terbuang percuma dan dibiarkan begitu saja di kemudian hari. Pertimbangan inilah yang layak untuk kamu cermati sebelum membeli barang barang yang sedang tren di media sosial. Untuk menabung dana yang ada, kamu dapat membeli jenis barang yang memang benar benar diperlukan dan digunakan.

  1. Jangan Termakan Oleh Gengsi

Selain tren, hal lain yang membuat anggaran dana yang dimiliki menjadi terbuang percuma ialah gengsi. Jika diibaratkan harga sepiring makanan dapat jauh lebih terjangkau dengan membelinya di tempat biasa, namun dengan gengsi yang ada seseorang dapat membeli makanan dengan harga yang berbeda. Meskipun kedua produk makanan tersebut memiliki persamaan, namun bisa jadi tempat menjual makanan itulah yang menjadikan gengsi.

jangan gengsi

Dengan membeli di tempat yang mahal, akan membuat seseorang bisa mengunggahnya di media sosial. Hal inilah yang juga menjadikan gengsi dapat menguras kantong yang dimiliki. Untuk dapat menabung secara efektif, kamu dapat mulai menghindari gengsi di kehidupan sehari hari. Selain dapat menghabiskan banyak uang, gengsi tersebut juga tidak akan pernah habis dari waktu ke waktu.

Banyak hal yan dapat kamu lakukan untuk menabung secara efektif. Mulai dari menabung dengan menggunakan emas dan dollar, hingga menghindari kebiasaan mengikuti tren terus menerus. Kamu juga bisa menghindari gengsi yang ada untuk menekan biaya pengeluaran yang dimiliki. Dengan mencari pekerjaan freelance, kamu juga bisa menyisihkan dana untuk ditabung dan digunakan di kemudian hari.