Thursday, July 29

Manfaat dan Besaran Ideal dari Dana Darurat

jooboel.com – Dapat mengelola keuangan bagi orang-orang merupakan hal yang sangat penting. Sebab ada saja keperluan yang mendesak yang mengharuskan kamu memiliki yang namanya dana darurat. Membangun persiapan serta perkiraan yang tepat dalam mengelola finansial adalah hal yang begitu penting untuk diterapkan pada setiap orang.

Mengelola finansial akan selalu penting, baik kamu hidup seorang diri ataupun mempunyai keluarga. Sebetulnya tidak ada patokan waktu untuk mempunyai dana darurat. Namun, apa sih dana darurat itu? lalu, mengapa setiap orang disarankan harus memiliki dana darurat?

Pengertian Dana Darurat

Apa sih dana darurat itu? Dana darurat dapat dikatakan sebagai tabungan yang memang sengaja untuk disisihkan untuk nantinya dialokasikan ke berbagai kebutuhan yang tiba-tiba atau mendesak. Kondisi yang dimaksud adalah kejadian yang tidak terduga.

Semua orang harus mengelola dengan benar setiap alur keuangan masing-masing. Sebenarnya akan selalu ada kondisi yang dimana kamu mengalami hal-hal yang mendesak dan tidak kamu duga dan pastinya kamu telah mempunyai persiapan dengan dana darurat tersebut.

Dengan memiliki simpanan khusus ini, tidak hanya penting bagi diri sendiri namun juga sangat penting dan sangat membantu bagi yang memiliki bisnis. Karena bisa saja suatu saat dana darurat bisa membantu dan menjadi solusi dalam permasalahan yang terjadi pada usaha yang dijalankan.

Kegunaan Dana Darurat

Sebetulnya dimaksud dengan situasi yang tidak terduga merupakan manfaat untuk kamu yang mempunyai simpanan pribadi untuk dialokasikan ke keperluan khusus.

Kegunaan dari dana darurat biasanya untuk orang yang sedang sakit dan membutuhkan dana pribadi tanpa harus berhutang, atau kondisi finansial sedang menurun, membutuhkan uang tambahan untuk tempat usaha atau perbaikan rumah, bahkan juga sangat dibutuhkan untuk orang yang terkena bencana alam seperti banjir, kebakaran dan lain sebagainya.

manfaat dan besaran ideal dana darurat

Tidak hanya itu, dana darurat tersebut juga dapat digunakan agar membantu kamu dalam mempelajari mengelola uang yang kamu punya dan membantu kamu agar bisa belajar mengalokasikan uang ke hal-hal yang dirasa penting saja. Khususnya bagi kamu yang sedang menjalankan sebuah bisnis, tentu hal tersebut akan sangat penting untuk diterapkan.

Baca Juga : Jenis Investasi yang Tepat Bagi Karyawan Gaji Rp 5 Juta

Bagaimana Cara Mengelola Uang Agar Memiliki Dana Darurat ?

Langkah paling sulit yakni menyimpan sejumlah uang sebagai tabungan, dana darurat, pengeluaran sehari-hari dan lain sebagainya. Membagi keuangan kamu dalam hal tersebut adalah hal yang sulit dilakukan.

Solusinya adalah kamu dapat mencoba dengan menghitung berapa uang pengeluaran kebutuhan kamu setiap harinya, mulai dari listrik, makan, hingga gajian bulan depan. Sesudah itu, kamu dapat menyisihkan sebagian biaya pengeluaran kamu. Sisihkan untuk keperluan membayar listrik, uang makan, keperluan pokok dan kebutuhan lainnya dalam fase satu bulan.

Apabila sanggup, kamu bisa membayarkan langsung uang tagihan yang harus dilunasi seperti listrik dan tagihan lain yang dapat kamu lunasi lebih awal. Kemudian, sisihkan uang yang akan ditabung untuk kebutuhan lain nantinya.

Kamu harus memisahkan uang sebagai dana darurat dan uang tabungan. Meski uang tabungan juga digunakan untuk kondisi yang tidak terduga namun kamu harus mengusahakan untuk menggunakan atau menyiapkan tabungan sebagai keperluan di masa depan.

Dana Darurat yang Diperlukan

Jumlah pendapatan dan pengeluaran dari setiap orang tentu beda-beda termasuk hal-hal yang dibutuhkan bagi setiap orang juga tidak sama. Namun, agar bisa mengetahui patokan jumlah untuk dana darurat yang dibutuhkan semua orang tetap dapat dilakukan. Hal ini bisa dilihat jika :

1. Belum Menikah dan Tidak Mempunyai Tanggungan

Apabila kamu belum berkeluarga dan tidak mempunyai tanggungan selain tubuh kamu sendiri. Besaran ideal dana darurat yang mesti kamu miliki yakni sebesar 6 kali lipat dari jumlah pengeluaran kamu setiap bulan.

2. Telah Menikah Namun Belum Mempunyai Anak

Lain halnya bagi kamu yang sudah berumah tangga tapi belum mempunyai anak, besaran ideal dana darurat yang mesti kamu punya sekitar 9 kali lipat dari jumlah pengeluaran selama satu bulan.

3. Telah Menikah dan Punya Anak

Jika semakin banyak jumlah tanggungan tentu dana darurat yang mesti kamu siapkan juga semakin besar. Besaran ideal dana darurat bagi kamu yang menikah dan mempunyai anak sekitar 12 kali lipat dari total biaya pengeluaran kamu perbulan.

Cara untuk Memenuhi Jumlah Dana Darurat

Kamu tidak perlu khawatir dan tergesah gesah, untuk mempunyai dana darurat kamu tidak harus langsung menabung sekaligus dalam jumlah yang besar, kamu dapat melakukannya dengan mencicil setiap bulannya. Karena besaran ideal dana darurat cukup tinggi, maka kamu dapat menyisihkan dan mencicil nya setiap bulan dengan rutin.

Selama kamu dapat konsisten dan menabung rutin setiap bulan, kebutuhan dana darurat yang ingin disiapkan menjadi cepat terkumpul. Jumlahnya pun tidak harus banyak, kamu juga bisa menyisihkan sisa lainnya untuk dimasukan ke tabungan.