Tuesday, September 28

Kelebihan Buka Rekening Online

Perkembangan teknologi pada saat ini sendiri ternyata tidak hanya memudahkan dalam berkomunikasi saja. Tapi dunia perbankan pun mendapatkan manfaat yang cukup besar. Saat ini sendiri hampir seluruh bank memiliki layanan pembukaan rekening secara online. Layanan yang satu ini sendiri tentu saja memiliki beberapa kelebihan yang akan dirasakan calon nasabah, apa saja kelebihannya? Berikut ini ulasan singkatnya: 

Kelebihan Buka Rekening Online 

Membuka rekening secara online belakangan ini sendiri sedang digalakan oleh bank-bank yang ada di Indonesia. Apalagi dengan situasi di tengah pandemic yang membatasi pergerakan masyarakat. Bagi Anda yang ingin membuka rekening pun bisa dengan cara online. Tentu saja ada beberapa kelebihan yang dapat Anda peroleh dengan membuka rekening secara online ini. Berikut ini adalah kelebihannya: 

1. Syarat mudah 

Secara garis besar, membuka rekening online membutuhkan syarat yang mudah sama dengan Anda membuka di kantornya. Anda hanya membutuhkan e-ktp dan surat domisili untuk menjadi data pendukung. 

2. Bisa dilakukan kapan saja 

Tidak hanya itu saja, Anda pun juga dapat membuka rekening online tanpa harus meluangkan waktunya. Anda dapat melakukannya kapan saja, selama memang ada jaringan internet. Tentu saja ini sangat cocok bagi Anda yang memang tidak sempat meluangkan waktu di hari kerja. Dengan adanya layanan ini, maka Anda akan lebih mudah untuk membuka rekening. 

3. Tidak perlu mengantri 

Hal paling yang tidak nyaman ketika membuka rekening adalah mengantri. Dengan menggunakan cara online untuk membuka rekening, maka Anda tidak perlu repot lagi untuk mengantri. Cukup dengan menggunakan aplikasi dari bank yang dituju, maka Anda sudah bisa membuka rekening tanpa perlu mengantri. 

4. Proses cepat 

Kelebihan lain dari membuka dengan cara online ini adalah prosesnya yang juga cepat. Biasanya proses pembuatan hanyalah memakan waktu beberapa menit saja. Tentu saja ini sangat menghemat waktu Anda yang memang membutuhkan rekening secepatnya. Proses pengajuan buka rekening pun dari pihak bank akan dilakukan secepat mungkin, selama syarat sudah Anda penuhi. 

5. Rekening dapat digunakan secara langsung 

Tidak berbeda dengan cara offline, di mana Anda juga bisa langsung menggunakan rekening ketika seluruh proses sudah diterima. Jadi, Anda tidak perlu menunggu lama hingga rekening dapat digunakan, begitu sudah diterima, rekening pun sudah aktif dan siap digunakan. 

Dari kelebihan di atas, maka Anda dapat menyimpulkan bahwa saat ini tidak perlu lagi repot untuk datang ke bank untuk membuka rekening. Terkecuali ketika ingin mengambil kartu ATM dan buku tabungan yang memang mengharuskan Anda ke kantor bank. Tapi, tentu saja ini bisa Anda atur waktunya dengan lebih mudah ketimbang harus datang dan mengantri semenjak pagi untuk mendapatkan nomer antrian. 

Cara Membuka Rekening Online 

Setelah mengetahui kelebihan yang akan didapatkan ketika membuka rekening online, maka selanjutnya Anda hanya perlu mengetaui bagaimana caranya untuk membuka rekening online. Berikut ini adalah tahapan buka rekening online secara umum: 

1. Siapkan syarat yang diperlukan 

Pertama-tama, Anda perlu menyiapkan syarat yang diperlukan. Kebanyakan bank membutuhkan identitas pribadi seperti E-KTP dengan syarat pendukung lain seperti NPWP atau Paspor. Tapi, cukup dengan E-KTP sudah cukup. 

2. Unduh aplikasinya 

Setiap bank meluncurkan aplikasi untuk membuka rekening online ini, semisalnya adalah BSI dengan BSI mobile atau BCA dengan BCA mobile. Anda hanya perlu memilih aplikasi dari bank mana yang ingin Anda gunakan. 

3. Buat Rekening 

Pada tahapan ini, biasanya Anda akan masuk ke dalam aplikasi bank dan pilihlah buat rekening baru. Di dalam menu tersebut ada beberapa pilihan dari jenis rekening yang akan Anda buka. Ada baiknya Anda sudah memahami kelebihan dan kekurangan dari setiap rekening bank tersebut. Jika sudah mengetahui ingin memilih rekening jenis apa, maka selanjutnya Anda hanya tinggal klik saja. 

4. Konfirmasi nomor telepon 

Selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan konfirmasi dan verifikasi untuk nomor ponsel. Ingat, gunakan nomor ponsel yang masih aktif, karena nanti ada SMS dari pihak bank yang mengharuskan Anda memasukan kode tertentu. Perhatikan juga bagi yang menggunakan ponsel dual SIM, di mana nomor yang harus didaftarkan berada di SIM satu. 

5. Unggah dokumen 

Apabila sudah, maka nantinya Anda akan diminta untuk mengunggah dokumen yang menjadi syarat. Biasanya pihak bank meminta foto jelas dari E-KTP dan dokumen pendukung lain. Jangan menggunakan flash ponsel agar data terbaca dengan jelas. 

6. Isi data pribadi 

Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi data pribadi yang sesuai dengan E-KTP. Seperti mengisi nomor induk penduduk, nama sesuai E-KTP, alamat dan lain sebagainya. Cek dua kali sebelum Anda mengirimkan data, karena bank hanya menerima data yang sama dengan kartu identitas. 

Jika tahapan di atas selesai, maka selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih jenis kartu ATM. Peraturan ini sendiri biasanya berlaku untuk beberapa bank yang mempunyai jenis ATM yang berbeda. Apabila seluruhnya sudah selesai, maka Anda hanya perlu konfirmasi email dan mengambil kartu ATM serta buku tabungan di kantor cabang terdekat.