Kebiasaan Hidup Modern ini Bisa Merusak Kesehatan Otak Loh

Kebiasaan Hidup Modern ini Bisa Merusak Kesehatan Otak Loh

Di zaman dengan teknologi canggih seperti sekarang, manusia telah diprogram untuk bisa melakukan banyak hal dan membuat fungsi otak menjadi menurun. Menurut ahli, pola hidup modern akan dapat merusak jalur saraf, membuat Anda menjadi lebih lambat serta kurang bisa berpikir di luar kebiasaan. Hiperkonektivitas semakin berdampak pada otak manusia. 

Pada akhirnya, ini dapat menyebabkan orang menjadi kurang produktif dan tidak efektif. Untuk menjadi orang yang produktif, Anda harus melakukan lebih banyak yang meningkatkan kesehatan otak dan lebih sedikit yang menyebabkan penurunan kognitif.Hindari kebiasaan modern yang dapat merusak otak Anda.

Terlalu malas untuk bergerak

Tahukah Anda, ketika Anda malas bergerak secara fisik hal ini akan membuat kesehatan tubuh menjadi menurun. Tidak hanya bisa berpengaruh pada fisik, tetapi organ dalam tubuh akan pelan-pelan kehilangan fungsinya, contohnya obesitas, penyakit jantung, kanker, demensia hingga depresi.

Terlalu biasa bermalas-malasan karena merasa terbantu dengan adanya segala perangkat pintar dirumah yang bisa meringankan aktivitas tentu akan mengubah bentuk dari neuron tertentu yang ada di dalam otak.

Pada sebuah studi, memperlihatkan adanya hubungan antara penurunan mental dengan ketidakaktifan fisik. Dimana aktivitas yang melibatkan fisik akan bisa memberikan keuntungan bagi Anda secara kognitif, seperti meningkatkan memori otak dan lebih bisa menerima banyak hal secara baik.

Terlalu banyak menerima informasi dapat menyebabkan rangsangan yang berlebihan pada otak

Begitu banyaknya update yang diperoleh dari media sosial, email hingga notifikasi yang terus menerus dapat membebani otak Anda. Dimana konten-konten yang dilihat secara konstan bisa berdampak pada kesehatan mental dan membuat Anda menjadi stress secara tidak disadari.

Ketika hal tersebut terjadi, maka Anda bisa melakukan/ memutuskan sesuatu secara berlebihan. Ada seorang profesor yang ahli dalam bidang psikologi mengatakan, jika berada dalam kondisi terlalu banyak menerima informasi. Hal tersebut bisa mengurangi IQ secara efektif hingga 10 poin.

Terlalu lama dalam posisi duduk

Berada dalam posisi duduk yang terlalu lama nyatanya merupakan salah satu kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan otak Anda. Pada sebuah studi di UCLA menjelaskan bila seseorang yang sering/ lama duduk dapat mengalami penipisan pada area otak yang terhubung dengan memori.

Tidak hanya beresiko untuk kesehatan fisik saja, tetapi terlalu banyak duduk juga berdampak pada neurologis. Karena itu Anda harus tahu, bila aktivitas fisik yang tinggi nyatanya tidaklah berbahaya jika Anda terlalu lama duduk. Karenanya, apabila memungkinkan sering-seringlah bangun dari kursi kerja Anda untuk sekedar merenggangkan tubuh.

Kebiasaan Hidup Modern ini Bisa Merusak Kesehatan Otak Loh

Kurang tidur

Ini adalah masalah besar untuk para profesional yang selalu sibuk. Dimana ketika Anda kurang tidur akan mendapatkan konsekuensi jangka pendek dan panjang serta bisa dikatakan serius. Ini akan dapat menurunkan kinerja Anda untuk bereaksi, meningkatkan kadar gula darah, menyebabkan perubahan suasana hati, sakit kepala, dan ketidakseimbangan hormon.

Bahkan ada sebuah penelitian terbaru yang memperlihatkan bahwa kurang tidur bisa membuat otak mengecil dan merusak memori. Selain itu, kurang tidur bisa juga memperlambat pemikiran Anda, merusak memori, konsentrasi, penilaian dan pengambilan keputusan, dan membuat belajar lebih sulit.

Solusinya adalah dengan memperbaiki kebiasaan tidur dapat menjadi cara penting untuk meningkatkan kesehatan otak. Tidur yang baik selama tujuh hingga delapan jam setiap malam sangat penting untuk merangsang koneksi baru dan pertumbuhan otak.

Menggunakan earphone dengan volume keras

Setiap orang tentunya memilih menggunakan earphone dengan tujuan agar bisa mendengar musik menjadi lebih asik serta imersif. Belum lagi di zaman sekarang headphone atau earphone sudah dilengkapi peredam bising sehingga akan lebih menyenangkan.

Memang, ketika kondisi sekitar terlalu bising setiap orang pasti akan memilih memutar musik dengan suara yang lebih kencang. Tetapi tahukah Anda, jika menggunakan earphone dengan volume terlalu besar bisa membuat pendengaran menjadi rusak.

Bahkan, bila Anda seperti itu dalam jangka panjang. Tidak hanya telinga saja yang rusak tetapi bisa membuat masalah pada otak, misalnya munculnya tanda-tanda penyakit alzheimer serta menurunnya fungsi jaringan otak. Karena itu lindungilah indera pendengaran Anda dengan mendengarkan musik pada volume yang wajar. 

Kurang bisa bersosialisasi dan terlalu lama bermain gadget

Percakapan tatap muka sebenarnya bisa sangat bermanfaat bagi otak. Sebuah penelitian di University of Michigan menemukan bahwa hanya 10 menit sehari percakapan dengan orang lain dapat meningkatkan memori dan kognisi otak. Kurangnya interaksi tatap muka dengan orang lain dapat membatasi kemampuan otak untuk membuat koneksi yang lebih baik. 

Hal tersebut juga bisa menyebabkan munculnya rasa kesepian serta depresi. Tetapi, menatap layar ponsel atau gadget terlalu lama pada siang hari sebenarnya juga bisa membuat mata, telinga, leher, bahu, punggung, pergelangan tangan, dan lengan menjadi rusak. 

Menurut para ahli, menatap layar digital terlalu lama dapat berdampak negatif pada kemampuan intelektual dan kesejahteraan emosional. Tetapkan batasan yang jelas dengan layar digital Anda untuk menghindari kebiasaan yang membahayakan kesehatan fisik dan mental Anda. Berhati-hatilah saat menggunakan perangkat pintar.


Leave a Reply

Your email address will not be published.