Thursday, July 29

Ini Keuntungan Instrumen Pinjaman P2P Lending Untuk Investasi

jooboel.com – Tidak banyak yang mengetahui tentang peer-to-peer Lending atau P2P Lending, di mana memang ini merupakan sebuah investasi yang saat ini memang sedang populer dan sering dibicarakan banyak pebisnis maupun investor. Jenis investasi ini memang sangat baru sekali di Indonesia, sehingga tidak banyak yang mengetahuinya. Tapi tentu saja setiap investasi akan menghasilkan keuntungan, termasuk P2P Lending ini.

Keuntungan Berinvestasi di P2P Lending 

Tentu adanya instrument pinjaman P2P lending ini bisa dijadikan salah satu investasi tepat yang dapat dipilih. Di mana tentu saja ada keuntungan tersendiri, berikut ini adalah keuntungan berinvestasi di P2P lending: 

  • Akses pinjaman mudah 

Keuntungan pertama adalah akses pinjaman melalui proses yang mudah. P2P Lending sendiri memberikan instrumen pinjaman mudah, di mana dapat berupa pinjaman modal, pendidikan atau kesehatan. Kebanyakan yang mengajukan pinjaman adalah pelaku UKM. Tentu saja ini sangat membantu para pelaku UKM untuk menambah modal. 

Sistem peminjaman sendiri tidak menggunakan jaminan, dimana biasanya pihak dan vendor atau dalam hal ini investor akan melihat langsung potensi dari si peminjam. Tentu saja semua proses dilakukan lebih cepat, tergantung investor akan memberikan pinjaman atau tidak kepada pihak pelaku UKM. Hal ini pun juga akan memberikan investor keuntungan dari bunga yang dibayarkan. Semakin besar pinjaman yang diberikan pada UKM, maka sudah pasti makin besar bunganya. 

  • Alat pemasaran untuk bisnis 

P2P Lending sendiri bisa menjadi alat pemasaran yang sangat baik untuk bisnis yang Anda bangun. Di sini Anda bisa memperkenalkan produk-produk dengan lebih mudah, karena adanya platform online yang bisa membantu Anda untuk memasarkan semua produk. Tentu saja media pemasaran ini tidak perlu lagi dibayar, karena memang sudah disediakan secara gratis. 

investasi di p2p lending

Anda hanya tinggal memperkenalkan semua barang atau jasa yang dijual secara terperinci. Selain itu juga, Anda dapat memiliki kesempatan untuk bisa menarik investor agar mau berinvesati di UKM yang Anda jalankan. Tidak hanya itu saja, P2P Lending sendiri menyediakan fitur yang bisa membawa pengunjung langsung ke website atau akun media social perusahaan Anda. 

  • Quick funding 

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa Anda akan dapat memperoleh dana pinjaman online OJK dengan lebih cepat dan prosesnya mudah. Tidak seperti di bank yang bisa memakan waktu berbulan-bulan untuk mencairkan dana pinjaman. di P2P Lending ini Anda hanya akan memakan waktu beberapa jam saja. Selama banyak pelaku bisnis dan investor tertarik dengan usaha Anda. 

Baca Juga : Pantas Dibanderol Puluhan Juta, Ini Keunggulan dari Sepeda Brompton

  • Diversifikasi investasi 

Pembiayaan P2P Lending saati ini sendiri tidak hanya menarik bagi para pelaku bisnis, akan tetapi juga para investor. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa sebagian investor mendapatkan fasilitas dan tawaran akan instrument investasi. Para investor ini dapat memilih usaha apa yang akan diinvestasikan. 

Jika dapat membiayai usaha kecil yang berkualitas, maka investor akan memperoleh pengembalian investasi dengan jumlah tinggi dalam periode tertentu yang sudah disetujui kedua belah pihak. Selain itu, segi hambatan masuk juga rendah serta fleksibilitas yang ada sangat menarik bagi para investor. 

  • Mengembangkan UKM di Indonesia 

Walaupun dari segi investor memang sangat menguntungkan, akan tetepi secara kesulurahan P2P lending ini mampu membantu mengembangkan bisnis UKM di Indonesia. Pertumbuhan UKM di Indonesia sendiri dapat berkembang dan maju seiring banyaknya investor yang tertarik untuk membiayai UKM yang berpotensi tinggi. 

Sudah pasti dengan pertumbuhan UKM yang semakin besar, sudah pasti akan membantu mengangkat perekonomian rakyat serta negara. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari P2P Lending. 

Dilihat dari beberapa keuntungan yang diberikan oleh oleh P2P lending ini, sudah pasti akan membuka peluang besar bagi pebisnis dan investor untuk saling berkembang dan juga mendapatkan profit. 

Tips Investasi di P2P Lending 

Bagi Anda yang memang tertarik untuk berinvestasi P2P Lending, ada baiknya tidak sembarangan. Berikut ini adalah tips agar Anda dapat berinvestasi dengan tepat di platform ini: 

  • Pilih platform yang legal

Pertama-tama pastikan bahwa platform yang Anda gunakan untuk P2P lending adalah legal. Hal ini sendiri untuk menghindari penipuan serta kerugian lain yang tentu saja akan berakibat buruk. Untuk mencari platform yang tepat, Anda dapat mengecek di OJK atau Badan Otoritas Jasa Keuangan. Di mana OJK sendiri telah menyediakan list data platform mana saja yang memang sudah terpercaya. 

  • Pilih borrower yang sesuai dengan investasi 

Jika sudah mendapatkan platform yang tepat, maka selanjutnya Anda dapat mencari borrower atau peminjam yang sekiranya cocok dengan profil investasimu. Setiap peminjam ini sendiri mempunyai skor kredit yang berbeda-beda, di mana skor inilah yang membedakan resiko investasi yang akan Anda lakukan. 

Untuk lebih jelasnya sendiri skor kredit yang rendah dari borrower maka resikonya akan besar. Namun, profit yang akan Anda dapatkan sangatlah besar. Begitu pun sebaliknya, di mana ini bisa menjadi acuan bagi Anda untuk bisa berinvestasi di peminjam yang tepat.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda bisa menjadi seorang investor yang sekiranya akan menghasilkan profit besar. Namun, tetap lebih baik berhati-hati dalam memilih agar tidak mengalami kerugian.