Sunday, May 9

Generasi Milenial Cerdas Memilih Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya dengan Tips Ini

jooboel.com – Pinjam uang di zaman sekarang sudah jauh lebih mudah dan praktis bila dibandingkan beberapa tahun silam. Kemudahan ini dimulai semenjak aplikasi pinjaman online milik perusahaan fintech (financial technology) hadir dan menjadi alternatif baru sebagai tempat pinjam uang selain perbankan, rentenir maupun kerabat. Tentu saja perubahan besar yang terjadi dalam dunia finansial masyarakat saat ini berkat perkembangan teknologi yang semakin mutakhir saja. Bagaimana bisa dipungkiri, jika sekarang pinjam uang bisa dari layanan pinjaman online di aplikasi smartphone sehingga jauh dari kata ribet. 

Kemudahan yang dimiliki layanan fintech alhasil membuat kalangan milenial mulai mempopulerkan dan menggunakan aplikasi pinjaman online ini untuk berbagai kebutuhannya. Pengaruh atau dampak kehadiran fintech pinjol (pinjaman online) terhadap keuangan masyarakat memang sangat positif. Terlebih ketika digunakan oleh orang-orang untuk membiayai kebutuhan darurat seperti biaya hidup sehari-hari, biaya sekolah dan pendidikan anak, hingga biaya berobat di rumah sakit. 

Sebagai generasi milenial, informasi mengenai perkembangan fintech di Indonesia perlu untuk Anda ketahui. Sebab dari tahun ke tahun bisnis berbasi pinjol dengan fintech di tanah air terus bertambah saja jumlahnya. Pada bulan November 2020, OJK secara resmi mengumumkan ada sebanyak 150-an perusahaan pinjaman online di Indonesia yang terdaftar dan mendapatkan izin beroperasi.

Dan ternyata masih ada ratusan aplikasi pinjol di luar dari daftar OJK yang beroperasi dan menawarkan pendanaan kepada masyarakat secara ilegal. Hingga saat ini, aplikasi pinjaman online ilegal masih berkeliaran bebas dan meresahkan masyarakat.

Maka dari itu, generasi milenial harus cerdas memilih aplikasi pinjaman online dengan tips-tips berikut supaya tidak merugi. 

1. Pilih Aplikasi Pinjol atau Fintech yang Bisa Dipercaya

Langkah menghindari tawaran pinjol ilegal yang pertama adalah mengecek daftar terbaru OJK sebelum mengajukan pendanaan. Sukses tidaknya mendapatkan platform pinjol terpercaya atau tidak pertama kali bisa diketahui dari informasi OJK. Ketahui dan ingat bahwa Anda baru diperbolehkan mengajukan pendanaan ketika OJK sudah mengeluarkan daftar aplikasi pinjaman online. 

generasi milenial memilih aplikasi pinjaman online

Pastikan dulu, perusahaan fintech lending yang bersangkutan memiliki kejelasan status seperti telah terdaftar dan beroperasi atas seizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia. Ingat dan lakukan hal ini bila tidak ingin di kemudian hari merugi karena tidak tepat memilih tempat meminjam uang daring. 

Silahkan akses situs web ojk.go.id untuk dan buka kanal direktori fintech untuk mendapatkan informasi dan status suatu perusahaan fintech. Di website resmi OJK, Anda juga dapat dengan langsung mengecek nama platform aplikasi pinjam uang yang bersangkutan. Sebagai contoh, aplikasi pinjaman online dari Tunaiku yang dapat dipercaya karena ada jaminan keamanan saat digunakan masyarakat dari OJK. 

Nama platform fintech Tunaiku akan mudah Anda temukan ketika melakukan pengecekan melalui website resmi OJK. Karena nama aplikasi pinjaman online Tunaiku ini ada di website OJK, maka Anda tidak perlu khawatir ketika mengunduh dan menggunakan layanan keuangan yang ditawarkan. Sebab sudah berada di dalam daftar OJK yang bertugas mengawasi seluruh kegiatan dari lembaga pembiayaan atau pendanaan di tanah air. 

Baca Juga : Catat! Inilah Layanan Perbankan yang Harus Diaplikasikan Generasi Milenial

2. Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya dengan Berbagai Kemudahan

Anda tidak perlu merasa malu ketika membutuhkan uang dan berencana meminjamnya ke perusahaan fintech. Sebab, bantuan finansial memang sering diperlukan semua orang di masa-masa tertentu, contohnya saat krisis ekonomi gara-gara pandemi. Jika demikian, pastikan uang yang dipinjam online datang dari platform terpercaya yang memberikan berbagai kemudahan.

Adapun maksud kemudahan dari aplikasi pinjaman online meliputi fitur-fitur dan layanannya yang bisa dinikmati setiap individu dalam genggaman. Disini dapat diartikan bahwa suatu pinjaman online bisa lebih mudah dipercaya masyarakat apabila memiliki fitur dan layanan dalam berbagai hal tidak menyulitkan, sebagai contoh pembayaran cicilan yang bisa melalui berbagai metode serta syarat-syarat pinjamnya. 

Salah satu aplikasi pinjam uang online yang memberikan masyarakat berbagai kemudahan datang dari Tunaiku yang juga terdaftar OJK. Uang yang dicairkan aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk segala kebutuhan mendesak atau darurat. Dalam waktu singkat, generasi milenial bisa mengakses aplikasi pinjaman online melalui smartphone untuk mendapatkan pendanaan dalam jumlah banyak. Karena dari Tunaiku, kalangan milenial kemungkinan bisa dapat bantuan dana sebesar 5 – 20 juta rupiah sangatlah mungkin. Masalah durasi cicilan juga demikian, saat ini Tunaiku sudah memberlakukan masa cicilan pinjaman menjadi lebih lama dari fintech lain.  

3. Memberikan Berbagai Keuntungan Melalui Aplikasi Pinjaman Online

Ketahui seberapa banyak kemampuan platform pinjaman online memberikan benefit atau keuntungan kepada setiap pengguna layanannya. Carilah pinjol yang menyimpan berbagai keuntungan di dalamnya, seperti memberikan suku bunga rendah yang membuat penggunanya makin diuntungkan. Dan juga aplikasi pinjaman online terpercaya akan selalu memberikan keuntungan melalui fitur dan layanan yang mudah diakses dan dimiliki oleh pengguna. 

Demikian tips untuk generasi milenial yang berancang-ancang memilih aplikasi pinjaman online terpercaya. Semoga bermanfaat informasi dalam tips-tips di atas.