Thursday, July 29

Endorse di Instagram dan Langkah-Langkahnya

jooboel.com – Di era digital seperti sekarang ini, media sosial Instagram sangat populer sebagai salah satu media promosi untuk berbagai jenis usaha atau bisnis, seperti bisnis kuliner, bisnis fashion, bisnis kosmetik, wisata dan berbagai jenis bisnis lainnya. Promosi atau iklan tersebut tidak hanya menampilkan produk di Instagram pemasang iklan, tetapi juga bisa memakai jasa Endorser yang mempunyai banyak “followers” untuk menawarkan produk dari para pengusaha atau pebisnis.

Endorsement atau memakai akun dari tokoh terkenal untuk mempromosikan produk kita di akun Instagram mereka menjadi salah satu teknik marketing yang bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan jumlah pembeli dan lebih bisa mengenalkan produk yang kita miliki. Karena di era yang semuanya serba online seperti sekarang ini, endorse menjadi salah satu trik promosi yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha online.

Endorsement sendiri memiliki pengertian sebagai salah satu strategi untuk menawarkan produk atau jasa yang kita miliki dengan meminta tokoh terkenal atau sebuah akun dengan followers yang cukup banyak untuk mempromosikannya. Teknik marketing ini memang salah satu cara pemasaran yang cukup menjanjikan, karena kedua belah pihak sama sama mendapatkan keuntungan. 

Cara dan Langkah – Langkah Endorse Yang Tepat

Walaupun endorsement merupakan salah satu cara marketing yang dapat mendatangkan keuntungan bagi para pelaku usaha, akan tetapi para pelaku usaha harus mengetahui dulu bagaimana cara endorse yang baik dan tepat agar bisa mendatangkan keuntungan bagi kita.

Siapkan Budget Marketing

Yang harus kita ketahui, untuk meminta jasa endorse kepada artis atau selebgram akan membutuhkan biaya yang cukup mahal. Kisaran biaya yang dibutuhkan mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Oleh karena itu, jika kita baru saja memulai bisnis atau usaha, sebaiknya tidak usah terlalu terburu-buru untuk meminta jasa endorse. 

endorsement di instagram

Hal yang pertama perlu dilakukan cukup untuk mengelola akun Instagram kita sendiri. Jika usaha kita sudah cukup berkembang dan memiliki cukup dana untuk melakukan promosi, barulah kita meminta jasa endorse pada selebgram atau artis yang mempunyai cukup banyak followers.

Memilih Selebgram yang Cocok dengan Bisnis Kita

Saat kita akan memilih untuk meminta jasa endorse, pastikan selebgram tersebut cocok dengan bisnis atau produk yang kita jual. Misalkan jika kita berjualan sepatu untuk mendaki gunung, tas untuk travelling, baju untuk digunakan di pantai, maka anda harus memilih artis atau selebgram yang mempunyai hobi Travelling atau Liburan.

Jangan sampai kita salah memilih selebgram, jika kita meminta selebgram dengan gaya hidup yang tidak sesuai dengan target pasar produk kita, makan hal ini tidak akan meningkatkan jumlah penjualan.

Baca Juga : Avatar Facebook Jadi Sticker Whatsapp

Membuat Personal Branding yang Menarik

Personal Branding ini cukup penting dalam bisnis atau usaha online. Untuk membuat personal branding produk kita sebenarnya tidak cukup sulit. Anda hanya perlu membuat produk anda mempunyai karakter yang cukup unik dan berbeda dari produk lainya. Hal ini ditujukan agar konsumen cepat melihat produk yang kita tawarkan.

Endorse Secara Rutin

Teknik marketing Endorse ini lebih tepat untuk proses pengenalan produk  atau branding produk yang kita punya kepada masyarakat. Di Awal proses kita melakukan endorse kita jangan terlalu mengharapkan peningkatan penjualan yang signifikan, karena para followers selebgram yang kita pilih ini belum tentu mampu membeli produk kita walaupun mereka menyukai produk yang kita tawarkan. 

Dalam melakukan endorse, usahakan dilakukan minimal 2 minggu sekali, dan jika ada budget berlebih, kita bisa melakukan endorse lebih sering, sehingga produk kita akan terlihat lebih bagus dimata masyarakat.

Memisahkan Dana Untuk Endorse dan Dana Untuk Promosi Lainnya

Mengapa kita perlu memisahkan dana untuk Endorse dan dana untuk promosi lainnya? Karena promosi lewat cara endorse tidak bisa kita ketahui bagaimana konversinya. Karena ada dua kemungkinan, setelah melakukan endorse, produk kita laku atau ramai dibeli oleh konsumen, bisa juga produk kita tidak mengalami peningkatan penjualan. 

Maka dari itu sebaiknya kita baru endorse setelah keuntungan usaha kita sudah cukup stabil, agar jika dana yang kita pakai untuk endorse tidak balik modal, hal itu tidak akan mengganggu cash flow bisnis kita.

Ketersediaan Stock

Endorse ini biasanya hanya perlu satu sampai tiga produk untuk dipakai selebgram. Maka pastikan bahwa ketersedian produk yang ditawarkan cukup banyak. Karena jangan sampai saat endorse sudah mampu menarik minat masyarakat, kita malah kehabisan produk yang kita tawarkan.

Endorse bisa dilakukan dengan terang-terangan menyebut produk atau dengan menuliskan kalimat persuasif. Akan tetapi tidak sedikit juga yang meminta endorser atau selebgram secara diam-diam dalam melakukan endorsement agar terlihat natural dan tidak terlihat seperti sebuah iklan, hal ini biasa disebut soft selling.