Sunday, October 17

Dear Millennial, Mau Beli Rumah? Simak Biaya Lain-lain yang Perlu Dipersiapkan

Pada saat ini banyak perbincangan mengenai generasi melial yang mana tidak dapat membeli sebuah rumah. Anggapan tersebut muncul pasti ada sebabnya. Berdasarkan dengan data pada tahun 2018, setidaknya 61% generasi milenial masih belum juga memiliki rumah dan bahkan banyak juga yang menganggap jika generasi milenial tersebut tidak dapat untuk membeli suatu rumah.

Dari berbagai macam sumber, berikut ini merupakan berbagai alasan yang menyebabkan menjadi suatu penghambat pada generasi milenial dimana tidak dapat membeli rumah:

  • Harga properti yang terbilang tinggi
  • Pendapatan Gaji rendah
  • Suku bunga dari suatu pinjaman tidak sesuai
  • Pengeluaran konsumsi yang tinggi akan gaya hidup
  • Banyak yang merasa tidak perlu segera memiliki rumah disebabkan belum menikah
  • Banyaknya generasi milenial yang merantau ke kota besar dimana memiliki harga properti tinggi
  • Sebagian besar bekerja pada bidang kreatif yang mana menyulitkan untuk menyertakan slip gaji

Maka dari itu Simak Biaya lain yang perlu dipersiapkan untuk membeli rumah pada kalangan generasi milenial, berikut penjelasannya.

1. Menabung agar dapat membeli rumah yang memiliki DP yang tinggi

Walaupun banyak tanggapan mengenai milenial tidak dapat untuk membeli rumah, akan tetapi faktanya banyak mayoritas pada generasi milenial yang mana dapat membeli rumah dengan KPR. Bagi yang tertarik agar dapat membeli rumah dengan KPR, ada hal penting dalam memilih suatu skema pada pembayarannya dengan DP atau uang muka.

Biasanya skema pilihan pada pembayaran menggunakan DP yang tinggi mempunyai suku bunga rendah, selain itu membayar uang muka dapat membantu dalam melunasi pembayaran dengan cepat dikarenakan, menabung uang yang akan digunakan sebagai uang muka dari membeli rumah dapat menjadi cara yang baik untuk para generasi milenial.

2. Mengurangi pengeluaran dalam biaya untuk gaya hidup

Salah satu yang menyebabkan generasi milenial kesulitan dalam membeli suatu rumah dikarenakan banyaknya pengeluaran biaya untuk gaya hidup. Maka dari itu menabung untuk membeli rumah menjadi suatu poin yang sangat penting, apalagi jika ingin membeli suatu rumah dimana masih memiliki usia yang relatif muda. Hal tersebut dapat dilakukan apabila dapat mengurangi biaya mengenai kebiasaan serta gaya hidup yang tidak terlalu penting

Disamping dari kenaikan gaji yang belum tentu, generasi milenial juga kekurangan akan edukasi tentang pentingnya membeli suatu rumah yang mana menyebabkan kalangan milenial tidak bisa membeli rumah. Generasi milenial biasanya masih konsumtif dengan membeli suatu produk untuk gaya hidup serta bepergian.

3. Melakukan sebuah riset pada pasar untuk mencari sebuah rumah disaat pasar sedang melambat

Dengan tingginya harga dari suatu rumah, maka dari itu perlu untuk jeli dalam memantau pergerakan dari nilai suatu properti. Dengan melakukan riset yang mana dapat dilakukan dengan berselancar dalam internet. Membeli suatu rumah di kala momen yang pas, maka dapat menjadi suatu keuntungan. Contohnya apabila harga dari suatu properti residensial kedapatan sedang mengalami harga yang turun.

4. Mengukur kemampuan akan cicilan

Tips selanjutnya untuk generasi milenial dalam membeli suatu rumah yaitu dengan cara mengukur akan kemampuan mencicil disaat yang tepat. Tidak hanya dengan jeli dalam membaca pergerakan suatu properti, akan tetapi juga harus dapat memiliki kemampuan mengenai cicilan dalam kurun waktu yang lama.

Pada saat ini banyak berbagai macam skema mengenai cicilan yang ditawarkan memiliki promo pada suku bunganya. Maka dari itu perlu untuk berhati-hati sebab bunga yang rendah tersebut mungkin hanya berlaku untuk 1 sampai 3 tahun saja yang kemudian suku bunga tersebut akan naik lagi dengan mengikuti kondisi yang ada dipasaran.

Mengukur kemampuan dalam mencicil yang didasari dengan besaran promosi pada suku buka bunga tersebut dapat menjadikan suatu bahaya, maka dari itu ukurlah kemampuan tersebut dengan berpatokan oleh suku bunga yang ada dipasaran.

5. Mencari uang muka yang dapat untuk dicicil

Apabila mengalami suatu kendala pada saat menabung ataupun mengumpulkan uang untuk DP, maka dapat dilakukan dengan cara mencari suatu program dalam mencicil DP yang memiliki jangka waktu sekitar 2 sampai 3 tahun yang mana dapat memudahkan untuk membeli suatu rumah.

Apabila telah mencicil uang muka, maka pembayaran dapat dilanjutkan dengan cara cicilan KPR seperti biasa. Selain daripada itu, apabila terkendala dalam mencari uang muka, dapat juga untuk memilih suatu bank yang memiliki penawaran akan pembayaran uang muka dengan ringan untuk membeli rumah.

6. Mematok biaya akan cicilan sebesar 30 persen dari hasil gaji atau pendapatan

Dengan cara mematok standar pada pembayaran cicilan sekitar 30 persen dari total hasil gaji maupun pendapatan tidak perlu lagi untuk bersusah payah dalam mengambil suatu dana cicilan untuk membeli rumah dan pastikan lagi akan kebutuhan kehidupan agar tidak berkurang.

Download: Aplikasi Catatan Keuangan Senyumku