Sunday, May 9

Daftar Media Online Indonesia yang Cocok untuk Generasi Milenial

logo kumparan

Bagi generasi muda, sosial media dan portal berita online merupakan sumber informasi yang paling mudah diakses. Hal ini dapat disimpulkan dari data-data survei pola konsumsi berita generasi muda yang dilakukan oleh oleh Maverick Indonesia. Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa di masa depan yang menjadi konsumen utama adalah generasi muda. Maka dari itu, penting bagi media online mengetahui dan memahami pola perilaku dan pandangan generasi muda terhadap pemberitaan di media digital yang dikonsumsinya. Dengan demikian, mudah bagi para praktisi komunikasi menyusun dan menerapkan strategi yang tepat dengan selera konsumen. 

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan di Bandung dan JABODETABEK, saat ini platform media sosial dan portal berita online sehari-harinya digunakan sebagai tempat mencari informasi oleh generasi muda berusia 18-32 tahun. Platform sosial media Instagram dan Youtube menjadi salah satu dari beberapa platform media online yang banyak digunakan para responden tersebut. Hasil dari kegiatan ini dapat dibilang hampir mirip dengan kesimpulan yang termuat dalam laporan The 2020 Reuters Digital New Report. Yang menyebutkan bahwa popularitas kedua platform tersebut sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor penting seperti informasi real time dan aspek visual yang menarik. 

Selain sosial media, aplikasi pesan singkat seperti Line menjadi sumber informasi paling difavoritkan generasi muda. Melalui news aggregator nya yang dinamai dengan Line Today, aplikasi pesan singkat ini berhasil mendominasi dan menjadi media online pengguna smartphone dengan usia di bawah 23 tahun. 

Media Online Favorit Generasi Milenial

Dalam mengkonsumsi berita, setiap generasi memiliki cara masing-masing. Seperti generasi milenial yang jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, tentu lebih rutin mengunjungi media sosial atau portal berita online untuk mendapatkan informasi terbaru atau sesuai kebutuhannya. 

Media online menjadi portal berita yang paling mudah diakses generasi ini, baik itu pekerja atau bahkan yang masih berstatus pelajar. Selain itu, juga terdapat faktor lain yang mendorong generasi milenial memilih sumber berita yang ingin diperolehnya. Sumber berita harus menunjukkan kualitas dari informasi yang disampaikan serta kredibilitasnya dalam menjadi media online favorit generasi milenial. 

Hal ini tentu tidak lain dan tidak bukan juga karena kesadaran generasi muda akan berita-berita hoaks yang mudah tersebar di media tersebut. Informasi yang dikemas dengan menarik, mudah dicerna serta cepat diakses juga menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan milenial untuk memilih sumber beritanya. 

Untuk membantu Anda memilih sumber bacaan yang tepat, telah kami rangkum beberapa media online yang cocok dan memang diperuntukkan bagi milenial. Berikut diantaranya:

1. Kumparan

Kumparan menjadi salah satu media online atau portal berita favorit generasi milenial yang diluncurkan sejak tahun 2017 lalu. Dengan misi menjadi wadah yang membuat, membaca dan berbagi berbagai informasi dan berita kepada generasi muda. Kumparan menyediakan platform media yang dapat digunakan untuk berkolaborasi antar sesama pengguna. 

Mengenai informasi yang disajikan tentu dijamin berkualitas karena para jurnalisnya telah secara resmi mendapat sertifikasi dari Dewan Pers. Berbagai informasi dan berita terkini akan dikemas secara khas, sesuai dengan perspektif generasi milenial saat ini.

2. IDN Times

Sejak awal diluncurkan, media online IDN Times memang sudah menargetkan pembaca yang berasal dari kalangan milenial. Maka dari itu, hampir seluruh informasi yang disajikan dikemas dalam bahasa yang cocok untuk kaum muda tersebut. Hampir setiap harinya selalu muncul berita baru dan menarik yang bisa pembaca peroleh melalui media online ini. Bukan tanpa sebab tentunya, karena menurut data yang diperoleh hampir ada sebanyak 1000 penulis baru dari kalangan muda yang bergabung menjadi partner IDN Times setiap minggunya. Media online ini juga pernah beberapa kali mengukir prestasi di kancah nasional sebagai portal berita digital yang paling banyak diakses. 

3. Hipwee

Media online yang menjadi langganan anak muda yang gemar membaca berita saat ini adalah Hipwee. Berbagai berita yang berisi konten-konten viral dapat ditemukan dalam portal berita tersebut. Hipwee sendiri menyajikan berbagai kategori informasi yang menarik untuk dibaca, mulai dari informasi seputar travel, hubungan, feature, joke, young mom dan masih banyak lagi jenis berita lainnya. Tidak hanya itu saja hal menarik yang dapat ditemukan pada media online favorit generasi milenial ini, sebab para pembaca juga diperbolehkan menjadi jurnalis lepas di Hipwee dan dapat berkolaborasi bersama jurnalis lainnya.

4. Indozone

Selanjutnya adalah Indozone, portal media yang cukup terkenal di sosial media seperti Instagram. Indozone memiliki tagline #kamuharustau, yang berarti mengajak pembaca dari kalangan kaum muda memperoleh informasi terbaru dari berbagai belahan dunia. Generasi milenial akan menemukan informasi yang dikemas dengan jelas, padat dan menggunakan bahasa yang singkat ketika mengunjungi sosial media maupun situs resminya. 

Nah, itulah beberapa media online yang diperuntukkan bagi milenial. Selamat membaca!