Thursday, July 29

Catat! Inilah Layanan Perbankan yang Harus Diaplikasikan Generasi Milenial 

jooboel.com – Generasi milenial merupakan sebutan untuk setiap individu yang lahir dalam rentang tahun 1980 sampai tahun 2000. Bisa dibilang saat ini generasi milenial adalah generasi yang telah melek teknologi dengan usia sekitar 20-42 tahun. Dari sekitar 255 juta penduduk di Indonesia, menurut data jumlah generasi milenial mencapai jumlah 81 juta penduduk.

Dengan kebiasaan generasi milenial yang memiliki ciri khas dan gaya hidup yang berbeda, sudah seharusnya generasi tersebut juga mengerti dengan produk-produk perbankan. Untuk para generasi milenial, setidaknya ada 5 layanan atau produk perbankan yang akan sangat baik hasilnya ketika diaplikasikan sekarang juga. Produk atau layanan tersebut bukan hanya sekedar membantu Anda mempunyai tabungan, mendisiplinkan lalu lintas keuangan, serta membantu memiliki hunian sendiri.

Inilah 5 Layanan Perbankan yang Menguntungkan Generasi Milenial

Generasi milenial memang membutuhkan segala sesuatu yang bersifat instan, mudah dan cepat, termasuk produk-produk perbankan. Maka dari itu saat ini banyak produk perbankan yang telah dikembangkan menggunakan teknologi, sehingga mudah kapan saja diakses setiap individu.

layanan perbankan untuk millenial

Contoh produk perbankan yang telah menerima sentuhan teknologi yaitu layanan bank berbasis aplikasi, internet banking dan mobile banking. Meskipun dibalut dengan teknologi, pada dasarnya layanan-layanan tersebut masih sama menguntungkan ketika diaplikasikan milenial. Seperti daftar berikut ini.

1.    Tabungan

Tabungan merupakan uang simpanan yang bisa ditarik nasabah sesuai syarat yang telah disepakati bersama menurut UU tentang Perbankan Nomor 10 tahun 1990. Bagi para nasabah yang hendak melakukan penarikan uang simpanannya bisa melalui sarana seperti ATM (Anjungan Tunai Mandiri), slip penarikan, buku tabungan, internet banking, mobile banking dan sarana lainnya.

Untuk keperluan sehari-hari, Anda bisa menggunakan tabungan. Akan tetapi dalam praktik finansial yang sehat, tabungan untuk keperluan sehari-hari harus dipisahkan ketika hendak menabung, merencanakan dana darurat atau sesuai dengan kegunaan lainnya. Tanpa jangka waktu tertentu, setiap nasabah bisa kapan saja mengambil uang simpanan dalam tabungannya. Sedangkan untuk kebutuhan dana darurat, layanan pinjaman online OJK seperti Tunaiku bisa menjadi pilihan generasi millenial.

2.    Kartu Kredit

Nasabah biasanya diberikan tawaran alat pembayaran resmi oleh bank berupa kartu kredit sebagai bentuk fasilitasnya. Perlu diketahui bahwa kedua belah pihak memiliki hak dan kewajiban yang diatur dalam kebijakan yang termuat di fasilitas ini. Bank juga memberikan limit atau batasan transaksi berdasarkan kartu kredit yang dimiliki nasabah.

Bisa dikatakan saat ini banyak kalangan milenial yang memfavoritkan alat pembayaran seperti kartu kredit karena memang terbukti lebih efisien dan efektif. Setiap individu tidak perlu lagi direpotkan saat lupa membawa uang cash, dan ini juga memudahkan penggunanya mendapatkan uang kembalian dengan nominal sesuai.

Selain itu, produk kartu kredit sering memberikan banyak promo ketika berbelanja online sehingga sangat memudahkan milenial dan menguntungkannya. Transaksi melalui kartu kredit juga lebih mudah dan aman ketika Anda sering bepergian ke luar negeri.

Baca Juga : Aplikasi Pinjaman Online Terbaik yang Cocok Untuk Millenial

3.    Deposito

Deposito merupakan produk perbankan bisa memberi keuntungan cukup besar ketika diaplikasikan oleh generasi milenial. Deposito pada dasarnya merupakan produk investasi jangka pendek atau lebih dikenal sebagian individu dengan sebutan tabungan berjangka. Untuk itu, deposito dapat dipastikan memiliki suku bunga yang lebih besar dibanding produk perbankan biasa seperti tabungan.

Bagi generasi milenial yang tertarik dengan dunia investasi namun masih takut gagal, Anda bisa mencoba produk investasi seperti deposito yang memiliki resiko kecil. LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan akan memberikan jaminan terhadap dana yang Anda simpan pada investasi tersebut.

Perlu diketahui juga bahwa setiap nasabah tidak bisa sesuka hati mengambil depositonya, sebab ada batas waktu atau jangka waktu penyimpanan tertentu yang harus dipatuhi. Maka dari itu, salah satu layanan perbankan yang sangat direkomendasikan kepada generasi milenial karena dianggap paling pas adalah produk deposito ini.

4.    Kredit Pemilikan Apartemen (KPA)

Ingin memiliki hunian apartemen lebih cepat? Maka generasi milenial bisa mencoba menggunakan produk perbankan seperti KPA (Kredit Pemilikan Apartemen). Hunian apartemen tentu saja memiliki fasilitas dan harga jual yang lebih murah dari pada rumah, sehingga bisa disesuaikan dengan gaya hidup kalangan milenial.

5.    Kredit Kendaraan Bermotor

Salah satu layanan perbankan yang difavoritkan generasi milenial adalah fasilitas kredit kendaraan. Produk kredit ini bisa membantu para milenial mendapatkan biaya tambahan untuk memiliki kendaraan bermotor impiannya, baik dalam kondisi baru atau bekas (roda empat atau roda dua).

Biasanya sejak awal umur kendaraan yang bisa dibiayai akan ditetapkan oleh bank yang mengeluarkan produk kredit ini. Kredit kendaraan bermotor tentu saja sangat dibutuhkan generasi milenial yang memiliki mobilitas tinggi di atas rata-rata. Selama menggunakannya, pastikan Anda sudah menyiapkan DP atau uang down payment dan harus disiplin dalam membayar cicilan sesuai yang disepakati.

Manakah dari lima layanan perbankan di atas yang menurut generasi milenial cocok dan menghasilkan banyak keuntungan? Silahkan tentukan dengan tepat!