Saturday, October 24

Cara Cepat Mengembalikan Pinjaman Tanpa Agunan

Mengajukan kredit tanpa agunan atau KTA mudah memang kerap kali menjadi jalan keluar untuk mengatasi masalah keuangan yang mendesak. Meskipun demikian anda harus sangat cermat bila berniat untuk mengambil kredit tersebut, karena jika gagal bayar akan memberikan dampak negatif untuk jangka panjang. Sebelum anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman tanpa agunan, maka anda harus mengetahui trik untuk membayar pinjaman dengan tepat. Yuk simak tips berikut. 

Cara Mudah Untuk Mengembalikan Pinjaman KTA 

1 Catat Pengeluaran 

Kadang ketidakmampuan seseorang untuk membayar hutang bukan karena kurangnya pendapatan, namun karena buruknya manajemen keuangan tersebut. Setiap pengeluaran yang tidak dicatat biasanya akan menimbulkan masalah baru dan akan membebani anda untuk mengatur kondisi keuangan. Manajemen keuangan yang tidak baik juga akan membuat anda kesulitan untuk membayar utang terhadap bank tertentu. 

Untuk itu sangat penting bagi anda untuk mulai mencatat pengeluaran anda setiap harinya sehingga akan timbul transparansi keuangan dengan lebih jelas. Catatlah pengeluaran harian dan belanja bulanan seperti kebutuhan makan, transportasi, tempat tinggal, investasi, asuransi dan biaya hiburan. Penting bagi anda untuk memangkas keuangan dan menyebabkan utang konsumtif dan mulai memperbanyak investasi dengan harapan return yang lebih baik. 

Jika anda mengajukan pinjaman KTA untuk bisnis, maka anda juga harus rajin untuk mencatat berapa pemasukan setiap harinya. Selain itu anda juga harus mencatat pengeluaran secara lebih rinci sehingga akan membantu anda untuk membayar utang setiap bulannya. Yang tak kalah penting, pencatatan pengeluaran dan pemasukan juga akan memperkirakan anda untuk menyisihkan uang tersebut. 

melunasi hutang kta mudah cepat

  1. Jangan Mengambil Utang Baru 

Tak sedikit masyarakat Indonesia yang memiliki kebiasaan untuk gali lubang dan tutup lubang. Meminjam utang baru mungkin bisa menyelesaikan utang lama, namun pada akhirnya anda harus membayar hutang seumur hidup. Sebaiknya jika sudah memiliki utang, jangan mengajukan utang baru karena justru akan merepotkan anda. Utang anda akan menjadi dua kali lipat dan tidak akan segera lunas. 

Ketika anda sedang terjerat utang dan berbelanja menggunakan kartu kredit artinya anda sedang mengambil utang baru. Meskipun bank memberlakukan cicilan 0% namun berhutang di kondisi terlilit hutang justru akan menempatkan anda sebagai debitur dan riwayat kredit yang buruk. Hal ini akan berimbas pada pinjaman di lain waktu karena bank tidak akan memberikan kredit untuk nasabah yang memiliki riwayat kartu kredit macet. 

  1. Membuat Rencana Keuangan 

Seringkali dialami oleh banyak orang yang terlilit hutang bingung untuk menyelesaikan dengan cara seperti apa. Hal ini karena utang yang tersebar di banyak tempat dan tagihan akan berdatangan tanpa jeda. Sehingga akan membuat siapa saja tidak bisa berpikir jernih. Apalagi jika anda merupakan seorang pengusaha, maka utang adalah hal biasa dan kadang tidak bisa terpecahkan. 

Dari sinilah penting bagi anda untuk mulai menata rencana keuangan terutama untuk pelunasan utang. Jika anda tidak mampu untuk membayar jasa konsultan keuangan, maka anda dapat melakukan analisis untuk diri sendiri. Mulailah untuk menulis daftar utang, mengurutkan dari jumlah pinjaman paling tinggi hingga rendah beserta bunganya. Mencatat riwayat utang akan memudahkan anda untuk menentukan skala prioritas. 

  1. Mencari Penghasilan Tambahan 

Jika anda ingin cepat untuk melunasi hutang KTA, maka anda bisa mencoba alternatif untuk mencari biaya tambahan. Hal ini bisa dilakukan dengan berjualan jajan atau melakukan mini usaha yang bisa membantu untuk menambah pemasukan. Namun usahakan untuk membuka usaha dengan modal yang kecil. Karena jika menggunakan modal yang besar, maka anda harus mencari pinjaman modal lainnya. 

Dengan begitu utang anda tidak akan cepat lunas dan malah menumpuk di berbagai tempat. Anda juga bisa menjadi reseller atau dropship untuk produk online agar menambah pemasukan. Hal ini adalah langkah untuk mengupayakan pelunasan pinjaman dengan cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Apapun perlu diupayakan kendati hanya membuka warung kecil kecilan yang tidak memerlukan modal yang besar. 

  1. Menjual Barang yang Tidak Terpakai 

Saat anda sudah memiliki hutang yang semakin menumpuk, maka anda bisa mengatasinya dengan menjual barang yang tidak terpakai. Misalnya baju, sepatu, tas, furnitur bahkan buku memiliki kesempatan untuk mendatangkan pemasukan. Anda bisa membuka akun di e-commerce yang dibuat khusus bagi orang yang ingin menjual barang bekas tersebut. Cara ini sangat cocok untuk anda yang memiliki koleksi barang barang mewah sehingga bisa membantu pelunasan KTA. 

Itulah beberapa cara mudah untuk bisa melunasi hutang KTA yang wajib dibayar ketika tenggat waktu tiba. Mengajukan pinjaman tentu bukan hal yang buruk, asalkan anda memiliki strategi yang matang untuk melunasinya. Sehingga anda tidak akan bingung untuk mencari uang tambahan demi membayar hutang KTA. 

Kalau Anda siap mengembalikan pinjaman KTA tepat waktu dan bisa berdisiplin dengan hutang yang diajukan, Tunaiku siap membantu Anda memperoleh dana segar dalam waktu singkat.