Tuesday, September 28

Cara Agar Tetap Fokus Saat Kerja dari Rumah

jooboel.com – Work from home atau kerja dari rumah sebenarnya bukanlah hal yang baru. Sistem kerja seperti ini ternyata sudah banyak dijalankan diberbagai perusahaan. Tetapi, akhir-akhir ini karena pandemi virus corona (COVID-19) yang terus menyebar menjadikan peraturan untuk kerja dari rumah semakin ramai diberilakukan. Terlebih ketika pemerintah memberlakukan himbauan kepada banyak perusahaan untuk melakukan WFH demi menanggulangi virus Corona. 

Berkaitan dengan sistem kerja dari rumah ini tentu menjadi salah satu bentuk tantangan tersendiri. Memang bisa terlihat lebih praktis, sayangnya jika tidak dilakukan dengan tepat, bekerja dari rumah bisa menimbulkan masalah baru. Terlebih jika Anda memang biaya ngantor, bekerja dari rumah tentu akan mengalami kesulitan fokus. 

Langkah Tetap Fokus Saat WFH

  • Disiplin bermain sosmed

Bekerja dari rumah memang memberikan tantangan tersendiri, mengingat Anda merasa saat bekerja tidak ada bos yang mengawasi. Namun ini bukan berarti Anda bekerja tanpa aturan, tetaplah disiplin sekalipun Anda melakukan pekerjaan dari rumah. Mulailah dengan membatasi diri bermain sosial media. 

Adanya kebebasan waktu memang menjadi bentuk tantangan tersendiri, jika tidak bisa mengatur dengan bijak, Anda hanya akan bermalas-malasan ketika di rumah. Untuk itu, mulailah dengan menentukan jam kerja layaknya Anda bekerja di kanto. Pastikan untuk tetap disiplun sehingga berbagai pekerjaan bisa diselesaikan tepat waktu.

  • Tentukan jadwal dan buat skala prioritas

Banyaknya pekerjaan rumah tentu membuat Anda memiliki tanggung jawab tersendiri. Dengan demikian pastikan untuk tidak menggabungkan antara pekerjaan rumah dengan tanggung jawab pekerjaan, jika Anda mencampurkan keduanya hanya akan membuat pekerjaan semakin berantakan.

efektif ketika wfh

Silahkan Anda membuat tugas dengan jelas supaya pekerjaan rumah dapat Anda rampungkan dengan baik dan pekerjaan utama Anda juga bisa terselesaikan dengan baik. Misalnya Anda bekerja sejak jam 9 pagi hingga jam 5 sore, kemudian ada jeda jam 12 untuk istirahat sebaiknya gunakan untuk beristirahat sehingga pekerjaan bisa terselesaikan dengan maksimal.

Baca Juga : Tips Menghindari Meminjam Uang di Pinjaman Online

  • Lakukan gaya hidup sehat serta jaga kebersihan

Karena Anda tidak harus berangkat ke kantor untuk melakukan absen, bukan berarti Anda bisa bangun sesuka hati serta tidak sarapan. Jika hal tersebut Anda lakukan hanya membuat gaya hidup Anda semakin tidak teratur. 

Tetap lakukan aktivitas seperti bangun pagi, olahraga serta sarapan sehingga Anda bisa bekerja dengan maksimal. Jangan lupa untuk rutin mengkonsumsi air putih dan buah-buahan sehingga energi tetap terjaga.

  • Obrolkan mengenai pekerjaan dan minta keluarga untuk memahami

Tinggal bersama dengan keluarga memang menjadi kebahagiaan tersendiri, sayangnya jika Anda tidak bisa mengelola dengan maksimal juga memberikan tantangan tersendiri. Bahkan bisa membuat pekerjaan tidak teratasi dengan baik kedepannya nanti. 

Dengan ini sebaiknya Anda menyampaikan kepada pihak keluarga perihal pekerjaan Anda yang dilakukan dengan WFH. Mintalah keluarga untuk memahami jika di rumah Anda juga memiliki tanggung jawab dengan pekerjaan. Ini akan membuat Anda terhindar dari kesalahpahaman dan mendapatkan dukungan terbaik dari kelaurga.

  • Buat ruangan bekerja dengan nyaman

Mempunyai ruangan khusus di rumah untuk bekerja menjadi hal yang menyenangkan. Dengan demikian Anda bisa lebih fokus ke pekerjaan karena terhindar dari berbagai gangguan. Anda bisa menata ruangan sesuai dengan keinginan sehingg bisa bekerja dengan benar-benar fokus. Tentu hal tersebut bisa memberikan dampak yang baik dan pekerjaan bisa terselesaikan dengan tepat waktu. 

Jika memang tidak memungkinkan untuk memiliki ruangan tersendiri, Anda bisa menciptakan sudut ruangan sebagai tempat bekerja. Ini menjadikan Anda betah berlama-lama menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda

  • Jangan menunda pekerjaan

Ketika berada di rumah Anda merasa memiliki waktu yang lebih leluasa sehingga bisa membuat Anda menunda pekerjaan. Sebaiknya jangan melakukan hal tersebut, tetaplah untuk disiplin sehingga seluruh pekerjaan Anda bisa terselesaikan dengan tepat waktu. Jangan pernah sekali-kali menunda pekerjaan karena akan membuat rugi nantinya.

Supaya tetap bisa produktif sebaiknya Anda sudah memiliki daftar pekerjaan yang memang prioritas dan harus diselesaikan saat itu jua. Anda bisa memulai dengan membuat serangkaian daftar pekerjaan dengan tanda tertentu sehingga bisa memilih mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

  • Buat pagi Anda lebih menyenangkan

Sekalipun Anda tidak datang ke kantor, tetapi memulai hari dengan bangun pagi merupakan sebuah kewajiban supaya Anda tetap sehat menjalani serangkauan rutinitas. Ketika Anda memulai bekerja dari pagi hari, maka pekerjaan akan segera bisa diselesaikan. 

Anda bisa memulai pagi menyenangkan dengan membaca quote-quote motivasi atau mulai dengan mendengarkan musik sambil mencicip teh atau kopi. Mood pagi hari sangat penting Anda ciptakan sebaik mungkin karena sangat berpengaruh untuk kinerja Anda seharian nanti. Ketika Anda bisa menciptakan mood dengan baik, maka pekerjaan bisa terselesaikan dengan lebih mudah. Segera beranjak dari tampat tidur dan hindari untuk berlama-lama di atas kasur.