Tuesday, September 28

Beberapa Tips Hemat Uang Jelang Lebaran

jooboel.com – Lebaran Idul Fitri merupakan salah momen yang dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Ketika hari raya tiba, seluruh umat muslim merayakan atas kemenangan setelah satu bulan penuh berpuasa. Berkaitan dengan menyambut lebaran, ternyata sudah ada tradisi yang turun temurun dilakukan. 

Tradisi untuk saling bermaafan tentu sudah menjadi hal yang dilakukan saat lebaran tiba. Kemudian lebaran juga selalu diidentikkan dengan baju baru, dan beberapa hal baru. Dan tidak ketinggalan juga ada sajian yang memang khusus dihadirkan saat lebaran. 

Untuk itulah demi membuat perayaan saat lebaran, tidak jarang banyak orang yang mengeluarkan banyak uang dan menguras tabungannya. Kabar baiknya, di Indonesia ada tunjangan hari raya atau THR sehingga berbagai pihak bisa melengkapi semua kebutuhannya.

Namun, ada beberapa pihak yang lebih memilih menggunakan THR untuk mencukupi biaya-biaya mendesak. Dengan ini ketika dana Anda terbatas, sebaiknya lakukan beberapa upaya berikut ini sehingga Anda bisa menghemat uang saat lebaran tiba.

1. Buat rencana dengan bijak

Salah satu kunci keuangan tetap stabil yaitu bisa cermat dalam membelanjakannya. Dengan demikian maka Anda perlu mengambil langkah stratgeis sehingga jauh-jauh hari Anda sudah menyiapkan berapa besaran dana yang memang harus dikeluarkan untuk kebutuhan hari raya nanti. 

Misalnya ketika Anda akan mudik di hari raya, pastikan untuk melakukan pemesanan jauh-jauh hari. Ini supaya Anda masih bisa membeli tiket dengan harga yang masuk akal. Anda bisa membeli 2 sampai 3 bulan sebelum lebaran tiba sehingga masih mendapatkan harga yang masuk akal. Buat juga catatan keuangan jika diperlukan.

2. Bijak dalam memilih jenis transportasi

Untuk yang jarak antara tempat bekerja dengan rumah tidak terlalu jauh bisa memilih jenis moda transportasi yang memang murah namun tetap nyaman. Tetapi untuk yang terpisah pulau jelas membutuhkan jenis transportasi yang efisien. Dengan ini pesawat menjadi pilihan terbaik.

Untuk Anda yang akan mudik menggunakan pesawat, demi menghindari harga yang mahal sebaiknya pilih maskapai yang menawarkan harga murah. Anda bisa mendapatkan harga murah dengan rajin update perihal harga peswat yang memang naik turun. 

3. Update informasi tiket supaya mendapatkan harga murah

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan rekomendasi harga tiket yang murah. Beberapa aplikasi penyedia tiket pesawat menghadirkan beberapa fitur berkiatan dengan hal ini. Manfaattkan fitur tersebut sehingga Anda bisa membeli tiket dengan harga yang masuk akal.

buat perencanaan pengeluaran dengan bijak

Memang dibutuhkan energi lebih untuk melakukan hal ini, tetapi hasilnya akan sepadan ketika Anda berhasil mendapatkan tiket dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga : Cara Agar Tetap Fokus Saat Kerja dari Rumah

4. Siapkan angpau

Ketika Anda sudah selesai melakukan pembelian tiket, selanjutnya penting untuk memperhatikan dana yang akan Anda gunakan untuk memberikan angpau kepada suadara Anda. 

Ketika memberikan angpau sebenarnya tidak harus memberikan dalam jumlah yang besar. Namun Anda bisa memberikan uang lembaran baru sekalipun nominalnya tidak besar. Anda bisa menurakan uang dengan pecahan lembaran sepuluh ribuan dan berikan ketika mudik.

5. Hindari pengeluaran tidak penting

Ketika akan mudik jangan pernah untuk ragu memangkas jenis pengeluaran yang memang tidak penting. Seperti kebutuhan baju baru, ini bisa dikatakan tidak penting jika Anda memang masih memiliki pakaian yang rapi dan layak digunakan saat lebaran nanti.

Bukan hanya itu saja, sebaiknya menghindari untuk membeli beberapa keperluan yang memang tidak penting. Jangan ragu untuk mengurungkan niat membeli banyak parcel untuk keluarga di kampung halaman.

6. Tetap hemat ketika puasa

Ketika dana Anda untuk lebaran memang terbatas, sebaiknya Anda mulai hemat sejak puasa sehingga bisa menambah besaran dan Anda. Hemat ketika bulan puasa ini menjadi langkah bijak sehingga Anda memiliki dana lebih ketika lebaran tiba. Anda bisa hemat dengan memasak hidangan sendiri baik saat berbuka maupun sahur. 

Bukan hanya itu saja, Anda bisa juga dengan membuat takjil puasa sendiri di rumah sehingga memangkas pengeluaran Anda. Hindari juga untuk ikut dalam berbagai kegiatan buka puasa yang tanpa disadari menyerap banyak anggaran Anda untuk lebaran nantinya.

7. Mulai dengan menabung

Untuk memenuhi kebutuhan saat lebaran mendatang dan Anda tidak keberatan, Anda bisa memulai dengan menabung. Mulai dengan menyisihkan setidaknya 10% dari jumlah penghasilan Anda setiap bulan merupakan langkah cerdas memenuhi kebutuhan lebaran Anda nantinya.

Sekalipun sudah menabung, pastikan untuk tidak menghabiskan uang ketika lebaran karena akan menimbulkan masalah finansial baru kedepannya nanti.

Apabila Anda sudah melakukan semua langkah di atas, Anda bisa menyambut lebaran dengan lebih tenang karena semua kebutuhan sudah Anda siapkan dengan baik. Selain itu Anda juga terhindar dari berbagai masalah keuangan yang kemungkinan muncul karena salah mengelola keuangan ketika lebaran. Selamat berhemat dan bijak dalam mengelola keuangan dan sambut lebaran dengan penuh suka cita.