Thursday, July 29

Akun Instagram Verified atau Centang biru? Apa Saja Keuntungannya?

Cara Mendapatkan Verified Status di Instagram

Memiliki akun sosial media Instagram sepertinya sudah menjadi kewajiban tersendiri bagi para generasi milenial yang secara aktif menggunakan smartphone. Sosial media yang berada di bawah naungan yang sama dengan Facebook ini memang beberapa tahun belakangan cukup menyita perhatian publik. Melalui fitur-fiturnya yang unik dan menarik, instagram mampu menjaring jutaan pengguna baru setiap harinya. 

Adapun beberapa fitur menarik Instagram yang digunakan pengguna untuk membagikan momen atau aktivitas harian diantaranya ada IGTV, Live IG, Instastory dan masih banyak lagi. Instagram juga secara aktif melakukan inovasi dan menawarkan fitur terbaru agar pengguna tidak mudah bosan.

Salah satunya adalah fitur centang biru pada akun verified. Pernahkan Anda melihat beberapa akun bercentang biru yang dimiliki oleh tokoh-tokoh seperti selebgram, selebriti maupun perusahaan-perusahaan ternama? Apa sebenarnya maksud atau fungsi dari centang biru di Instagram tersebut? Mungkin hal ini membuat pengguna Instagram penasaran dengan cara mendapatkannya. Maka dari itu, mari kita bahas mengenai beberapa keuntungan dari akun instagram yang verified atau mendapat centang biru, berikut dengan cara memperolehnya.

Apa Itu Akun Instagram Verified atau Bercentang Biru? Apa Saja Keuntungannya?

Akun instagram bercentang biru (verified account) merupakan akun yang sudah diverifikasi oleh pihak Instagram terkait keasliannya. Di Indonesia sendiri, akun-akun instagram bercentang biru dimiliki oleh sejumlah tokoh publik, baik itu pejabat pemerintahan, artis, selebgram, bisnis-bisnis online dan sebagainya.

Mengapa centang biru sangat penting? Perlu diketahui, dunia sosial media sangat rentan dengan kasus penipuan. Contohnya saja pemalsuan yang terjadi pada akun instagram selebgram atau selebriti terkenal. Maka dari itu, verified account ini berfungsi sebagai pembeda antara akun tiruan dengan akun asli milik sang publik figur tersebut. Inilah salah satu cara Instagram membuat penggunanya lebih bijak dalam menggunakan platform sosial media tersebut. 

Melalui fitur centang biru, para pengguna menjadi lebih mudah mengenali akun tiruan yang mengatasnamakan selebgram atau artis terkenal. Kehadiran centang biru menjadi bukti bahwa akun artis atau tokoh publik yang Anda ikuti asli dan bukan dijalankan pihak lain. Selain keuntungan tersebut, masih ada beberapa keuntungan lain dari akun instagram yang verified atau centang biru. Berikut diantaranya:

  • Memudahkan pengguna mengidentifikasi keaslian akun tokoh publik atau bisnis online di Instagram.
  • Mencegah terjadinya penipuan online yang mengatasnamakan produk atau jasa dari suatu perusahaan tertentu.
  • Meningkatkan kepercayaan pengguna internet terhadap akun Instagram.
  • Menghindari pemalsuan produk maupun identitas menggunakan nama tokoh atau brand tertentu.
  • Membantu pengguna Instagram mendapatkan penawaran menarik terhadap harga produk yang ditawarkan (berlaku untuk brand-brand bisnis online).

Ingin Akun Instagram Terverifikasi? Berikut Syarat dan Cara Mendapatkannya!

Syarat mendapatkan centang biru atau akun instagram verified ternyata tidak terlalu mudah dilakukan. Pihak Instagram sendiri memberlakukan aturan ketat untuk para penggunanya yang ingin lolos verifikasi. Yang perlu diketahui adalah setiap pengguna dapat mengajukan verifikasi akun ini ke Instagram, jadi bukan hanya artis atau tokoh publik ternama saja yang bisa mendapatkannya. Ingin akun Instagram mendapat centang biru atau verified akun? Berikut ini beberapa syarat dan cara mendapatkannya.

1. Publik Figur (Selebriti, Artis dan Sebagainya)

Profesi artis atau selebriti terkenal merupakan syarat dan cara pertama bagi pengguna Instagram yang ingin mendapat akun dengan centang biru. Pihak Instagram tidak akan memberikan verified akun kepada penggunanya yang bukan seorang publik figur. Hal ini tentu saja dikarenakan faktor pengikut artis atau selebriti terkenal tersebut sangat banyak dan dapat menyebabkan terjadinya pemalsuan akun.

Untuk itu, Instagram mengeluarkan kebijakan seperti verifikasi akun kepada akun yang mengatasnamakan artis atau selebriti terkenal, guna membantu fans terhindar dari pemalsuan akun. 

2. Tokoh Masyarakat (Pejabat Pemerintahan dan sebagainya)

Pengguna yang dapat mengajukan verified account ke Instagram selanjutnya adalah tokoh masyarakat. Mulai dari Presiden, Menteri, Politikus, Gubernur, Walikota, Ahli dan sebagainya yang masuk dalam list tokoh masyarakat. Tujuan dari kebijakan ini tentu sama, yaitu menghindari pengguna lain dari pemalsuan akun yang mengatasnamakan tokoh masyarakat tersebut.

3. Pekerja Seni dan Atlet

Instagram juga memasukkan profesi pekerja seni dan atlet kedalam salah satu syarat mendapatkan centang biru, dengan syarat tambahan yaitu tokoh tersebut cukup terkenal di publik. Salah satu atlet terkenal yang memiliki akun instagram verified adalah Cristiano Ronaldo. Tentunya banyak sekali oknum tidak bertanggung jawab membuat akun palsu mengatasnamakan atlet tersebut untuk mendapatkan keuntungan bukan? Sedangkan keuntungan akun verified yang dimiliki para seniman adalah lebih kearah melindungi hak cipta atas karya-karyanya.

4. Brand-brand Ternama

Brand-brand besar atau merk terkenal yang memiliki akun instagram resmi sudah pasti mendapat verified account. Beberapa diantaranya ada Adidas, Channel, Eager, dan masih banyak lagi brand ternama dan terkenal lainnya yang sudah mendapatkan centang biru.