Sunday, May 9

5 Tips Aman Nongkrong Di Tengah Pandemi

tempat nongkrong

Hampir selama setahun pandemi covid 19 masih belum mereda dan masih terus menginfeksi banyak orang. Tetapi pembatasan untuk tidak keluar dan hanya dirumah saja dalam kurun waktu tersebut tentunya akan sulit untuk dilakukan oleh banyak orang. Karena tentunya pasti sudah rindu mengenai berbagai aktivitas seperti nongkrong bersama teman. 

Hal ini tentunya dapat dipahami bersama-sama, karena adanya pandemi covid 19 semuanya harus mampu beradaptasi dengan perubahan. Apabila terus berada di rumah, tentunya akan bosan dan sulit untuk menahan diri untuk tidak keluar rumah. Berikut ini kami akan memberikan tips aman nongkrong bersama teman di tengah pandemi covid 19, simak ulasannya. 

Cara Aman Nongkrong Tengah Pandemi

1. Gunakan Masker 

Pertama kali ketika Anda ingin memutuskan untuk keluar rumah dan bercengkrama dengan teman di suatu cafe atau mall, lebih baik untuk tetap menggunakan masker. Hal ini untuk mencegah dan melindungi Anda dari bahaya virus covid 19. Dengan tetap menggunakan masker tentunya akan meminimalisir penyebaran. 

Hal ini tentunya menjadi kewajiban dan tekad yang harus dilakukan apabila memutuskan untuk keluar rumah dan ingin nongkrong bersama teman. Masker bukan menjadi Anda kebal terhadap virusnya, tetapi dapat meminimalisir dan mencegah penyebaran. Untuk itu, selalu siapkan masker dan usahakan lepas ketika ingin makan dan minum saja. 

Pastikan Anda memilih masker yang telah sesuai dengan standar yang ada dan merujuk pada WHO, sehingga membuat semuanya dapat lebih terlindungi. Kegiatan nongkrong sah-sah saja dilakukan, tetapi Anda perlu memahaminya dan membatasinya. Tetap terapkan aturan dan patuhi protokol kesehatannya, salah satunya dengan menggunakan masker. 

2. Tetap Melakukan Jaga Jarak 

Mungkin Anda akan sedikit memberi ruang dan jarak, semuanya harus dilakukan dan beradaptasi dengan perubahan yang ada. Nongkrong era pandemi memang terkesan lebih ribet dan berbeda dengan sebelumnya, tetapi itu menjadi keharusan untuk melindungi diri Anda dan mencegah penyebarannya.

Memberi jarak antara Anda dan teman menjadi pilihannya, pastikan Anda melakukannya dan memberi jarak 1 – 2 meter. Hal ini untuk mencegah droplet ketika berbicara langsung mengenai tubuhmu dan tidak terhirup, sehingga membuat Anda akan lebih aman. Untuk itu, pastikan Anda melakukannya dengan tertib. 

Hal ini tentunya banyak memberikan perbedaan ketika ingin nongkrong, tetapi Anda harus melakukannya dan tidak boleh cuek mengenai tindakan tersebut. Nongkrong di tengah pandemi memang sedikit repot, tetapi untuk sesekali keluar dan menghirup udara segar rasanya Anda tidak perlu mempermasalahkan beberapa aturan keselamatan yang ada. 

Hindari kontak fisik dan tetap jaga jarak, sementara ganti salaman dengan salam jarak jauh atau namaste terlebih dahulu. 

3. Rajin Mencuci Tangan 

Selanjutnya yang perlu untuk dipahami adalah dengan rutin dan rajin melakukan cuci tangan dengan sabun. Hal ini sebagai bentuk pencegahan dan protokol kesehatan yang harus dijalankan bersama-sama. Mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer menjadi pilihan yang harus dilakukan. 

Apalagi ketika hendak nongkrong, pastikan Anda selalu menyediakan dan membawa hand sanitizer untuk perlindungan tambahan. Tidak lain juga sebagai bentuk antisipasi apabila tempat nongkrong tidak mempunyai wastafel atau tempat cuci tangan. Dengan begitu sebelum berangkat, pastikan Anda sudah melakukan perlengkapan kesehatan secara menyeluruh. 

4. Lakukan Secara Disiplin 

Beberapa cafe, mall, dan tempat wisata sudah perlahan memberlakukan jam operasional dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menikmati suasana berbeda. Karena selama pandemi covid 19 ini banyak terjadi pembatasan dan tidak bisa leluasa menikmati berbagai tempat dan dituntut harus di dalam rumah saja. 

Namun hal tersebut untuk sekarang sangat sulit untuk dilakukan, karena sudah hampir 1 tahun menjalani dan harus berada dirumah terus akan sangat membosankan. Apabila ingin melakukan kegiatan nongkrong atau hangout bersama teman-teman, pastikan melakukan protokol kesehatan secara disiplin dan tidak mengabaikannya. 

5. Manfaatkan Teknologi

Hal paling tepat untuk dilakukan sekarang ini adalah membatasi pergerakan, tidak ada salahnya sesekali melakukan kegiatan luar rumah seperti nongkrong dan sebagainya. Tetapi tips yang paling tepat untuk sekarang ini memaksimalkan peranan digital terlebih dahulu, karena sementara harus memberi jarak dan harus aman. 

Melakukan kegiatan nongkrong sesekali tidak ada persoalan, tetapi Anda tetap harus mengatur dan membatasinya. Apabila ingin ketemu, sementara bisa menggunakan dan memanfaatkan teknologi untuk berbincang-bincang dan sharing bersama-sama. Terpenting tetap bijak dan perhatikan semuanya secara menyeluruh, karena kesehatan menjadi prioritas. 

Melakukan aktivitas nongkrong dan berkumpul bersama teman tidak menjadi persoalan, tetapi tetap harus mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan. Untuk itu, tidak bisa sembarangan dan asal bertemu saja, karena aktivitas luar rumah lebih rentan dan berbahaya terpapar virus covid 19. Dengan demikian tetap boleh keluar rumah, asal mematuhi aturannya.