Monday, December 6

5 Peranan Penting yang Membentuk Suksesnya Brand Indomie

Indomie memang dikenal sebagai sobat akhir bulan untuk mahasiswa dan perantauan yang tinggal sendiri di kota-kota besar. Produk mie instan satu ini benar-benar banyak dinikmati oleh para penggemarnya, tidak hanya di dalam negeri saja. Tapi, brand yang dibawah naungan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk ini, juga sukses menggaet pasar luar negeri. 

Tidak tanggung-tanggung, merek yang mempunyai tagline “indomie seleraku” masuk dalam merek paling berpengaruh dan terlaris ke 8 di dunia. Hal inilah yang membuat brand indomie ini banyak dikenal dan dipilih sebagai makanan instan untuk seluruh lapisan masyarakat. Tapi, apa saja sih yang membuat brand indomie begitu sukses? Yuk kita bahas bersama-sama. 

Kisah Dibalik Kesuksesan Indomie

1. Sosok Bersahaja dan Tidak Pantang Menyerah 

Perjalanan kesuksesan sebuah perusahaan itu bisa dilihat dari sosok yang mampu melihat dan merencanakan arah dari usaha yang dimiliki. Hal ini bisa dilihat dari perjalanan Sudono Salim yang membuat PT Indofood CBP Tbk bisa memperlebar sayap bisnisnya hingga mancanegara dan termasuk brand besar yang sudah dijual di beberapa negara. 

Awal memulai semuanya itu, sosok Sudono ini penuh dengan lika liku dan permasalahan hidup yang keras. Apalagi sebagai warga Tionghoa yang merantau ke Indonesia, tentu kehidupannya masa lalu itu penuh dengan ketidakpastian dan tidak mempunyai arah yang jelas. Pertama kali ke Indonesia dan tinggal di Kudus, Sudono Salim pernah hidup menjadi gelandangan. 

Sedihnya lagi beliau tidak mempunyai tempat tinggal yang membuat kondisi hidupnya itu penuh dengan perjuangan yang sangat luar biasa. Sosok yang tidak pernah menyerah dan selalu pandai membaca peluang membuatnya terus berusaha dan mengembangkan bisnis yang dimilikinya. 

Pertama kali memulai di Kudus dengan bisnis cengkeh dan tembakau, karena wilayah tersebut hasil buminya dari kedua tumbuhan tersebut. Bergelut dengan bisnis tersebut, membuat ia dikenal sebagai juragan dan sukses menjalankannya. Bahkan, disebut juga sebagai “bandar cengkeh asal Kudus”. 

Kesuksesan ini terus berlanjut hingga sekarang, termasuk produk indomie ini yang banyak dikenal dan disukai oleh masyarakat Indonesia maupun dunia. 

2. Ada Banyak Varian Rasa 

Dibalik kesuksesan brand indomie juga dipengaruhi oleh tim perusahaan yang tangguh dan kuat dalam melihat berbagai aspek yang dijalankannya. Hal ini dapat disaksikan dari varian mie yang diberikannya, karena ada banyak berbagai varian rasa yang ditawarkan kepada masyarakat Indonesia untuk menikmati cita rasa yang diberikan. 

Banyaknya berbagai pilihan varian rasa inilah yang mempunyai peranan besar dalam mempengaruhi kesuksesan indomie hingga sekarang ini. Apalagi dengan penawaran mie goreng dan mie kuahnya yang ada banyak ragamnya memberikan sensasi rasa yang belum ada tandingannya dan banyak disukai oleh masyarakat luas. 

Peranan ini juga atas keberhasilan dari Nunu Nuraini yang berhasil menggoyangkan lidah masyarakat Indonesia dan dunia. Selama 26 tahun bekerja di Indofood banyak berbagai inovasi yang didapatkannya. Tidak heran ada banyak inovasi yang diberikan itu mampu bertahan ditengah persaingan mie instan yang semakin banyak sekarang ini. 

3. Konsisten Dalam Pemasaran dan Kinerjanya

Indomie terus berkomitmen untuk menjadikan brand yang dimiliki itu selalu konsisten dalam mempertahankan pasar dan memperluasnya. Tidak mengherankan, beberapa inovasi yang diberikan itu selalu bisa diterima dan disukai oleh masyarakat luas. Hal inilah yang membuat brand ini sangat sukses dan begitu besar. 

Apalagi dengan beberapa dukungan varian rasa yang benar-benar disesuaikan oleh segmen yang ada dan tidak sembarangan dalam menghadirkannya. Tindakan inilah yang menjadikan beberapa segmen yang ada tersebut mempunyai pasar tetap dan terus memperluas pasar yang semakin besar setiap tahunnya. 

4. Percaya Diri dan Kuatnya Kerjasama Tim 

Bukan hanya peranan satu orang saja dalam membawa brand Indomie begitu sukses di pasaran sekarang ini. Tetapi, kerjasama tim yang ada membuat produk satu ini benar-benar bisa bertahan hingga sekarang dan semakin luas pasarnya. Karena, setiap lini yang ada selalu ada tim yang hebat membantu untuk menyukseskannya. 

Bukan hanya itu saja, indomie sangat percaya diri terhadap produk yang dibuatnya. Bahkan, tidak hanya pada produknya saja, tetapi harga, promosi, dan distribusi menyatakan kalau mereka termasuk bagian terbaik dalam memenuhi segala target pasar yang dimiliki. Hal inilah membuat brand ini begitu kuat dan sangat besar. 

5. Berhasil Mendapatkan Banyak Penghargaan 

Dengan hasil kerja keras bersama-sama memberikan indomie sebagai brand mie instan yang mempunyai banyak prestasi dan penghargaan yang didapatkan. Dari tahun 2001-2015 indomie mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi, sehingga menjadikannya produk yang selalu unggul dan terus berinovasi mendapatkan pasar yang diharapkannya. 

 

Itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai kisah dibalik kesuksesan Indomie yang bisa bertahan dan mampu bersaing sampai sekarang. Kisah inspiratif ini bisa menjadi motivasi untuk Anda yang sedang berjuang membangun kerajaan bisnisnya.