Tuesday, September 28

5 Cara Menabung Meskipun Gaji Pas-Pasan

menabung

Memiliki pendapatan yang pas-pasan bukan menjadi alasan untuk tidak menabung dan menyisihkan sebagian gaji yang didapatkan. Karena memiliki tabungan dan mengatur keuangan menjadi kebutuhan dalam menunjang kehidupan. Dengan begitu, Anda harus bisa dan cermat dalam melakukannya. 

Apalagi untuk era yang tidak pasti dan penuh dengan kebimbangan sekarang ini, memiliki tabungan menjadi kebutuhan penting. Untuk itu, gaji pas-pasan tetap harus bisa mengalokasikannya dan tidak menghabiskan semuanya. Jika Anda memiliki gaji kecil dan ingin menabung, simak penjelasannya secara lengkap.

Cara Menyisihkan Gaji

1. Tentukan Batas Pengeluaran 

Hal yang menjadi patokan untuk memulai menabung adalah dengan menentukan batasan pengeluaran setiap bulannya. Karena ini menjadi sangat penting untuk dilakukan dan harus mengukur semuanya secara menyeluruh. Pastikan Anda sudah menghitung dan membuat pengeluaran setiap bulannya sudah ditentukan dan dibatasi.

Menentukan batasan pengeluaran melihat dari aspek kebutuhan pokok, tempat tinggal, tabungan, dan hal lainnya. Melihat berbagai kebutuhan tersebut, Anda harus melihat kemampuan gaji dan kebutuhannya. Dengan begitu membuat Anda bisa menghitung dan menentukan tabungan setiap bulannya. 

Cara terpenting yang harus dilakukan adalah Anda harus bisa konsisten dan disiplin dalam melakukannya, karena menyisihkan gaji itu terkadang banyak ujiannya. Untuk itu, Anda harus siap melakukannya dan kuat menghadapinya. 

2. Mempunyai Catatan Pengeluaran 

Tindakan yang mustahil apabila Anda tidak menikmati dan melakukan berbagai hal dengan pendapatan yang dimiliki. Hal ini pasti akan ada dan setiap bulannya ada momen untuk nongkrong, belanja, dan jalan-jalan. Tetapi tindakan yang paling penting untuk dilakukan, Anda harus mencatat semua kebutuhan dan pengeluaran yang dihabiskan. 

Hal ini sangat berguna ketika Anda ingin melakukan berbagai kegiatan, dengan melakukan pencatatan dan penghitungan terhadap pengeluaran, maka Anda akan lebih memahami antara kebutuhan dan tidak. Dengan begitu perlahan membuat Anda akan lebih bijak dan tidak sembarangan dalam menghabiskan uang yang dimiliki. 

3. Minimalisir Aktivitas Belanja

Biasanya kegiatan ini sering terjadi pada perempuan, karena era serba digital sekarang ini berbagai aktivitas belanja sangat mudah untuk dilakukan. Untuk meminimalisir kegiatan tersebut, Anda harus mempunyai komitmen dan batasan terhadap diri sendiri. Karena yang bisa menentukan dan menyesuaikannya adalah diri Anda sendiri. 

Dalam tahap ini, pastikan Anda melakukan proses seperti sebelumnya. Tetapi Anda mempunyai batasan dan tidak sembarangan melakukannya. Ketika Anda tidak peduli dengan uang yang dihabiskan untuk belanja, mulai sekarang memahami dan membatasinya. Usahakan untuk meminimalisir belanja, nongkrong dan sebagainya dalam setiap bulannya. 

Hal ini memang terasa sulit, tetapi demi tujuan yang baik rasanya itu tidak menjadi persoalan dan Anda akan tetap bisa untuk menikmatinya. Apalagi demi mempunyai tabungan, meskipun gaji pas-pasan Anda tetap bisa untuk melakukannya. Terpenting Anda bisa disiplin, konsisten, dan komitmen untuk melakukannya. 

4. Pilih Barang Diskon

Memilih barang diskon menjadi tindakan yang menarik untuk dilakukan, karena Anda akan mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang lebih murah. Hal ini tentunya memberikan dampak yang baik untuk menghemat pengeluaran yang akan dihabiskan dan sangat penting untuk dilakukan. 

Sekarang ini ada banyak beberapa barang yang memberikan harga diskon dan Anda tentunya dapat menikmati semuanya secara menyeluruh. Tidak penting barang itu kekinian atau tidak, terpenting Anda membeli barang tersebut berdasarkan kebutuhan. Dengan begitu momen diskon menjadi pilihan tepat dan terbaik untuk dilakukan. 

Biasanya untuk membeli barang diskon itu agar memiliki barang yang branded dan original, dengan adanya diskon memberikan keuntungan tambahan yang bisa dinikmati. Untuk itu, Anda harus lebih sabar dan tidak terburu-buru dalam melakukannya. 

5. Tidak Lupa Berbagi 

Meskipun mempunyai gaji yang pas-pasan bukan berarti Anda tidak bisa menyisihkan uang untuk berbagi kepada yang lebih membutuhkannya. Karena berdasarkan nasihat orang tua, sedekah memberikan ketenangan dan sedekah pembuka untuk rejeki-rejeki yang lainnya, sehingga Anda tidak boleh pelit untuk berbagi. 

Pastikan Anda telah mengatur dan menyisihkan 2,5 persen untuk bersedekah dan berbagai, hal ini mungkin tidak akan terasa baik kedepannya. Namun ini memberikan manfaat yang besar suatu saat nanti diakhirat. Dengan begitu jangan putus untuk bersedekah dan selalu memberi kepada yang membutuhkannya. 

Memiliki gaji dan ingin bersenang-senang itu hal yang lumrah, tetapi apakah mungkin semuanya harus dihabiskan untuk itu semua? Jangan sampai Anda lupa dan terlalu fokus akan kehidupan duniawi, padahal masih ada kehidupan akhirat yang selamanya. Untuk itu, lakukan kegiatan berbagi dan selalu mengutamakan sedekah. Selalu sisihkan uang Anda untuk itu, meskipun gaji Anda pas-pasan. 

Nah itulah beberapa cara untuk tetap bisa menabung, meskipun memiliki gaji yang pas-pasan tentunya Anda tetap bisa memiliki tabungan yang diinginkan. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah tetap disiplin, konsisten, dan komitmen.