Thursday, July 29

4 Instrumen Investasi yang Cocok Untuk Gaji UMR

instrumen investasi

Memiliki investasi yang besar dan progresif tentunya menjadi harapan banyak orang, karena memiliki tabungan masa depan yang baik dalam segi finansial. Apalagi trend berinvestasi sekarang ini lagi tinggi dan banyak dibicarakan oleh banyak orang. Tidak heran banyak orang mulai tertarik untuk mencoba dan melakukannya. 

Apalagi di tengah kemajuan digitalisasi sekarang ini membuat pekerja yang mempunyai gaji UMR dapat melakukan investasi. Karena beberapa penawaran instrumennya relatif terjangkau dan cocok untuk kantong yang pas-pasan. Untuk Anda yang tertarik investasi dengan modal yang minim, berikut ini kami akan memberikan beberapa instrumen yang cocok. 

Memilih Instrumen Investasi Gaji UMR

1. Investasi di Reksadana 

Untuk Anda yang tidak memiliki modal besar dalam berinvestasi, mungkin dapat mencoba untuk menanamkan modalnya di reksadana. Karena sekarang ini trend untuk reksadana sendiri mulai banyak dilirik dan dipilih, terutama untuk kaum milenial yang sebagian telah berinvestasi pada reksadana ini. 

Berdasarkan jenisnya, reksadana sendiri terbagi menjadi 4 bagian ada reksadana uang, reksadana saham, reksadana pendapatan tetap, dan terakhir campuran. Semuanya memiliki penawaran return atau hasil serta resiko yang berbeda-beda. Karena semuanya tergantung dari pasar yang telah dipilih dan ditentukan. 

Hal menarik untuk Anda yang berinvestasi pada reksadana adalah semua proses mengenai pemantauan harga saham dan pergerakannya bukan dari Anda. Tetapi semuanya dikelola dan dipantau oleh manajer khusus yang sudah ahli dalam bidangnya. Tentunya ini menjadi instrumen investasi yang menarik untuk pemula. 

Bahkan sudah banyak beberapa reksadana membuka harga yang relatif terjangkau, tentunya untuk Anda yang memiliki gaji UMR tetap bisa investasi. 

2. Investasi Emas

Investasi pada emas salah satu instrumen lama dan masih banyak diminati oleh banyak orang, karena hampir sebagian masyarakat memilih benda yang satu ini. Hal ini dipengaruhi oleh resiko yang dipegang tidak terlalu tinggi, tetapi memiliki jumlah keuntungan yang tinggi. Tidak mengherankan emas selalu menjadi pilihan untuk investasi. 

Prosesnya pun sangat mudah untuk dilakukan, karena Anda tinggal membeli emas berapa gram sesuai kemampuan dan tinggal simpan emas yang dibeli tersebut. Ada banyak opsi untuk melakukan penyimpanan, bisa disimpan secara mandiri atau melalui program pegadaian. Dengan pihak pegadaian, Anda mengikuti program dengan keuntungan yang menarik. 

Emas selalu dipilih, karena selalu memberikan resiko yang kecil dan tidak berpengaruh terhadap berbagai inflasi. Tentunya ini menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang sedang ingin melakukan investasi. Apalagi dengan harga yang terus mengalami peningkatan, Emas selalu menjadi pilihan terbaik untuk investasi jangka panjang. Untuk Anda yang baru ingin memulai, Emas masih dapat menjadi pilihan yang tepat. 

Apalagi untuk Anda yang mempunyai penghasilan UMR, membeli Emas tetap menjadi pilihan menarik untuk dilakukan. Hal ini tentunya membuat Anda tetap bisa memilikinya dan pastikan Anda perlahan dalam melakukan investasi. Perlu diperhatikan juga untuk tidak sembarangan dan melakukan pinjaman untuk investasi, karena itu pilihan yang tidak tepat. 

3. Investasi P2P

Selanjutnya yang bisa Anda pilih untuk melakukan investasi dapat dengan memilih peer to peer lending yang mana Anda menjadi investornya. Prosesnya sangat simpel dan mudah untuk dilakukan, dalam tahap ini Anda sebagai pemilik modal atau investor dan modal tersebut dipinjam oleh pihak yang membutuhkan, biasanya untuk kebutuhan bisnis. 

Dalam tahap ini, Anda sebagai investor akan dijanjikan keuntungan oleh pihak peminjam modal tersebut yang bervariasi baik dari 10-30 persen. Hasilnya akan didapatkan ketika peminjam modal mengembalikannya, maka Anda akan mendapatkan uang pinjaman dan bunga keuntungannya. 

Untuk return nya sendiri perlu diperhatikan, semakin tinggi persen yang didapatkan tentunya ada resiko besar yang harus dihadapi. Hal ini cocok untuk Anda yang memiliki dana investasi yang kecil atau sesuai UMR, tetapi memberikan hasil yang maksimal. 

4. Investasi Saham

Salah satu instrumen investasi yang paling menarik dan banyak dipilih oleh masyarakat, karena memberikan nilai return yang sangat menguntungkan. Tetapi perlu dipahami juga, semakin tinggi pendapatan, maka semakin tinggi resiko yang didapatkan. Untuk itu Anda harus memahaminya dan mengetahuinya, jangan asal modal nekat dan ingin kaya saja. 

Rekomendasi terbaik untuk Anda yang mulai mencoba investasi saham, pilih saham BUMN dan blue chip. Karena beberapa saham ini relatif stabil dan resiko yang dihadapi tidak terlalu besar, sehingga dapat dikategorikan aman. Apalagi sekarang ini banyak perusahaan yang membuka saham dengan harga yang relatif terjangkau, untuk gaji UMR sekarang dapat mencobanya. 

Karena variasi harga saham sekarang ini tidak terlalu tinggi dan banyak menawarkan investasi dengan modal kecil. 

Demikianlah pembahasannya secara lengkap mengenai instrumen investasi untuk orang-orang yang memiliki gaji UMR. Beberapa instrumen di atas dapat menjadi pilihan dan dapat Anda lakukan untuk berinvestasi.